Mohon tunggu...
Media

Fungsi Dalam Berkomunikasi Antar Budaya

26 Februari 2016   13:02 Diperbarui: 26 Februari 2016   13:19 161 4 0 Mohon Tunggu...

FUNGSI – FUNGSI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA

            Manusia merupakan makhluk sosial, oleh karena itu dia selalu ingin agar dapat hidup bergaul atau bersama-sama dengan orang lain tanpa memandang perbedaan latar belakang sosial budaya. Untuk meningkatkan kehidupan bersama itu maka berkomunikasi satu sama lain dengan menciptakan, memelihara relasi (relations) melalui pembagian informasi – isi  / content (share of information) bagi pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Komunikasi, setidak – tidaknya sampai batas tertentu, berkaitan dengan dunia nyata atau sesuatu yang berada diluar (bersifat ekstern) pembicara atau pendengar. Tetapi , sekaligus, komunikasi juga menyangkut hubungan antara kedua pihak.

            Secara umum ada empat kategori fungsi utama komunikasi , yakni :

1.    Fungsi informasi

2.    Fungsi intruksi

3.    Persuasif

4.    Fungsi menghibur

Apabila empat fungsi tersebut diperluas maka akan ditemukan dua fungsi lain,yakni: (1) Fungsi pribadi dan (2) Fungsi sosial. Fungsi pribadi komunikasi dirincikan ke dalam fungsi (1) menyatakan identitas sosial , (2) integrasi sosial . (3) kognitif, dan (4) fungsi melepaskan diri / jalan keluar. Sedangkan fungsi sosial terinci atas , fungsi : (1) fungsi pengawasan , (2) menghubungkan atau menjembatani, (3) sosialisasi, dan (4) menghibur.

1.    Fungsi pribadi

Fungsi pribadi adalah fungsi – fungsi komunikasi yang ditunjukkan melalui perilaku komunikasi yang bersumber dari seorang individu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x