Mohon tunggu...
Budi Prathama
Budi Prathama Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Kuliah di Universitas Sulawesi Barat. Hobi nulis lepas sambil minum kopi. Ngobrol di IG @budi.prathama

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

4 Tipe Konsisten Menabung, Berani Terapkan?

6 Januari 2023   12:04 Diperbarui: 9 Januari 2023   14:15 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menabung. (Pixabay.com) 

Kebiasaan menabung sejatinya bisa dipupuk sejak kecil hingga saat tua nanti. Meskipun belum punya penghasilan tetap, tetapi menabung adalah aktivitas sangat bermanfaat. Hal ini penting supaya bisa menghindari hidup boros dan bisa menghargai yang namanya uang. 

Menabung adalah aset terbesar yang sewaktu-waktu kita dapat gunakan untuk hal yang lebih prioritas sesuai dengan kebutuhan kita.

Konsisten menabung bukanlah perkara mudah, tentu butuh pembiasaan dan keyakinan dalam diri. Kita tahu bahwa kebutuhan begitu banyak yang kadang membuat sulit untuk konsisten menabung

Padahal konsisten menabung adalah aktivitas yang sangat menunjang kesuksesan kita di masa depan. Terkait dengan sulitnya konsisten menabung, berikut empat tips yang dapat dilakukan aga bisa menabung secara konsisten.

1. Buat tujuan dan skala prioritas

Saat menabung mesti kita punya tujuan yang jelas, hal ini penting agar kita dapat mencapai target tersebut sesuai yang kita tabung. 

Jika kita memiliki tujuan menabung untuk keperluan menikah, mestinya itu bisa diprioritaskan untuk kepentingan itu, kita harus sadar bahwa tidak akan mengambil uang tabungan tersebut kalau bukan keperluan menikah karena dari awal kita sudah mempunyai tujuan yang jelas. 

Di samping itu kita mesti juga membuat skala prioritas, kira-kira mana kebutuhan yang mendesak dan yang dipriotaskan untuk diwujudkan. Dengan begitu kita bisa saja akan konsisten menabung.

2. Sisakan, jangan menunggu sisa

Ada baiknya setelah gajian untuk menyisakan agar bisa ditabung. Hal itu penting agar gaji tidak sekedar habis untuk dibelanjakan, tetapi ada yang bisa ditabung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun