Mohon tunggu...
Budiono
Budiono Mohon Tunggu... Selamat membaca tulisan saya.

Temukan tulisan saya lainnya di https://jurnalberbudi.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Inspirasi dari 75 Tahun PLN Menerangi Negeri

10 Maret 2021   20:44 Diperbarui: 10 Maret 2021   21:21 1941 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inspirasi dari 75 Tahun PLN Menerangi Negeri
Dok PLN

Pada Kamis, 4 Maret 2021, saya berkesempatan mengikuti acara "Kompas Talks: Bedah Buku 75 Tahun PLN Menerangi Negeri". Acara yang dipandu News Anchor Kompas TV Pascalis Iswari, ini  membahas dua buku yang diluncurkan PLN, yaitu "Menerangi Negeri PLN 75 Tahun" dan "Menerangi Indonesia Memajukan Bangsa".

Turut hadir Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini yang menyampaikan keynote speech. Ia menjelaskan, perjalanan PLN dalam menghadirkan terang di negeri ini sudah setua umur Republik Indonesia, sekalipun listrik sudah hadir pada masa pra-kemerdekaan.

Sepanjang 75 tahun itu, ada banyak dinamika, pengalaman, dan pelajaran yang tentu membuahkan pencapaian demi kemajuan bangsa.

Zulkifli berharap kedua buku yang diluncurkan ini bisa menjadi pengingat hal-hal yang sudah dilakukan PLN di setiap periode yang telah dilalui, sekaligus menjadi penyemangat untuk tidak berhenti berjuang. Juga sebagai catatan bagi generasi penerus PLN di masa mendatang.

Kedua buku ini dibuat untuk saling melengkapi. Satu buku menghadirkan kisah jatuh bangun para pegawai PLN, sementara satu buku lainnya menggambarkan secara visual bagaimana perjuangan PLN menghadirkan listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Zulkifli pun berpesan untuk jangan pernah lelah menghadirkan terang, menghidupkan mimpi-mimpi, mencintai PLN, dan mencintai Indonesia.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian ESDM,  Rida Mulyana, berharap buku ini dapat menjadi pelecut agar PLN terus menyediakan energi listrik ke seluruh masyarakat secara merata dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Rida juga menyampaikan, kisah-kisah para pemimpin PLN beserta tantangan, solusi, dan inovasi sesuai pada zamannya itu sungguh inspiratif. Tulisan ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran positif agar PLN dapat berkinerja jauh lebih baik di masa datang.

Dok Pri. Keynote speaker dan narasumber yang hadir
Dok Pri. Keynote speaker dan narasumber yang hadir

Acara dilanjutkan ke sesi Bedah Buku yang dimoderatori oleh Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Tomy Tri Nugroho.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN