Mohon tunggu...
Budiman Hakim
Budiman Hakim Mohon Tunggu... Administrasi - Begitulah kira-kira

When haters attack you in social media, ignore them! ignorance is more hurt than response.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cerpenting; Cerita Pendek Tidak Penting

1 Maret 2017   17:39 Diperbarui: 1 Maret 2017   18:02 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

LATIHAN MENULIS TANPA RASA MALAS DAN BOSAN.

Pertanyaan yang paling sering dilontarka orang pada saya adalah, “Bagaimana sih supaya kita bisa jago menulis?”

Terus terang jawaban saya ga akan pernah memuaskan hati yang bertanya. Kenapa? Karena jawabannya selalu klise,

“Ga ada jalan kecuali adalah latihan dan latihan menulis secara terus menerus.”

Bete kan yang ngedenger jawaban itu? Tapi gimana lagi? Untuk menjadi jago menulis emang satu-satunya cara ya cuma itu. Kalo ada instruktur yang mampu membuat pesertanya langsung jago nulis hanya dengan cara mengikuti 1 workshop, tolong kasih tau saya. Pasti saya akan ikut pelatihan itu dan sebesar apapun biayanya….gue bayar!

Perlu dipahami bahwa menulis adalah sebuah proses panjang dan ga mungkin langsung bisa secara instan. Siapa pun orangnya pasti ga ada yang tau-tau bisa langsung hebat tulisannya. Dan proses itu harus dijalani. Dan saya mengerti sepenuhnya bahwa yang namanya latihan itu pasti menjemukan.

Tapi entah karena apa, saya kok tetep aja merasa bertanggung jawab untuk membantu siapapun yang bercita-cita untuk menjadi penulis. Mungkin karena saya memang bercita-cita agar negeri ini mempunyai banyak penulis. Dan berkat pertolongan Allah, saya mulai menemukan titik terang untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Jadi apa masalah yang kita punya? Okay, problemnya adalah kita selalu malas dan bosan untuk latihan menulis kan? Jadi solusinya apa? Kalo problemnya adalah bosan dan malas menulis pasti solusinya bagaimana membuat proses latihan itu menyenangkan, kan? Iya ga?

Nah, Alhamdulillah saya menemukan sebuah cara yang mungkin bisa menyenangkan buat yang suka bosen latiha nulis. Metode ini saya namakan CERPENTING atau Cerita Pendek Tidak Penting. Keren ya? Hehehehe….

Metodenya sederhana aja, jadi setiap kali kalian ketawa karena sesuatu yang lucu, coba tuliskan! Misalnya di kantor ada kejadian lucu dan kita sampe ketawa ngakak, nah ceritakan peritiwa itu. Ga perlu panjang-panjang. Kalo emang satu alinea udah tamat ceritanya ya gapapa juga.

Atau misalnya ada kelakuan anak kita yang masih kecil membuat seluruh keluarga ngakak, coba tuliskan kenapa kita ketawa. Tuliskan dalam bentuk cerita yang sederhna. Kalo kita aja ketawa pastinya orang lain juga ketawa kan kalo kita ceritakan? Iya ga? Apalagi sebagai penulis kita bisa menambah bumbu, membesar-besarkan cerita biar lebih lucu, pokoknya obyektifnya kita mau berbagi kelucuan yag kita alami. Itu doang. Gampang kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun