Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Guru - Mubaligh

Belajar dari kehidupan | Mengabdi lewat pendidikan | Berdakwah melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Heboh Adanya Suporter Bayaran di Piala Dunia 2022 Qatar, Bolehkah?

19 November 2022   15:42 Diperbarui: 19 November 2022   15:59 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Piala dunia 2022 (Sumber: www.aljazeera.com)

Warganet dihebohkan dengan berita adanya suporter bayaran pada piala dunia 2022 di Qatar. Sebagaimana dilansir dari tribunnews.com (17/11/2022) bahwa memang benar adanya pihak Qatar melakukan hal tersebut. Tak lain tujuannya adalah untuk memeriahkan penyelenggaraan piala dunia 2022.

Sejumlah media menyebutkan bahwa suporter tersebut berasal dari Inggris dan Wales berjumlah 80 orang. Masing-masing suporter bahkan diberi uang saku dan biaya akomodasi.

Lalu bagaimana ketentuan yang berlaku dalam aturan FIFA? Bolehkah tuan rumah penyelenggara pertandingan menyewa suporter dengan tujuan mensukseskan pertandingan? 

Sejauh ini tidak ada aturan secara khusus dari FIFA yang melarang sebuah tim menyewa suporter bayaran. Sehingga dapat dipahami bahwa perbuatan tersebut sah-sah saja selama tidak merugikan pihak tertentu. 

Keberadaan para suporter bayaran tersebut juga sama seperti para artis yang disewa atau bintang tamu yang dibayar untuk memeriahkan sebuah kegiatan. Mengingat pembukaan piala dunia tinggal beberapa jam lagi. Yang terpenting adalah bagaimana suporter tersebut dapat mengikuti aturan yang berlaku. Yakni dapat menjaga kondusifitas dan tetap disiplin. Tidak fanatik berlebihan hingga membuat kericuhan dan kerusakan fasilitas.

Bagaimana menurutmu, setuju dengan hal tersebut?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun