Wayan Budiartha
Wayan Budiartha profesional

Akrab dipanggil Mbah Tomat, karena doyan menyantap buah tomat yang juga lezat untuk disayur.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Mumpung Horor

13 Oktober 2017   08:06 Diperbarui: 13 Oktober 2017   08:27 404 2 0
Mumpung Horor
Film horror dan dangdut koplo memanfaatkan aji mumpung.(Ilustrasi Pribadi)

Ajian yang dianut Raffi Ahmad, mumpung punya banyak job, banyak duit banyak penggemar. Mumpungnya ada di film horor. Bayangan kita adalah gelap, derit pintu, lolongan anjing dikejauhan, jendela yang tertutup keras tiba tiba. Dan sekilas raut wajah datar dengan tatapan mata kosong. Film jenis ini memang merajai bioskop kita sejak setahun belakangan.

Penonton senantiasa berjubel, dan film dengan genre beginian selalu tembus 1 juta penonton.

Bila setiap tiket di bioskop berkelas harganya sekitar Rp. 180.000 maka sejuta penonton itu menghasilkan sekitar Rp. 180 milyar. Jumlah yang tidak sedikit, bila dipotong biaya produksi yang biasanya sekitar RP 30 milyar maka sisanya bisa langsung masuk kocek sang produser. Inilah yang barangkali dianggap aji mumpung oleh kang Raffi.

Dia membuat perusahan film baru, tidak melanjutkan production house (ph) Frame Richt milik sang mertua, atau merevitalisasi ph yang pernah dibuatnya untuk kebutuhan sinetron.

Mesti membeli kamera 4k, lampu, refelktor, crane, drone baru karena untuk film horor dengan suasana temaram diperlukan peralatan yang serba jernih. Suasana di kegelapan dengan laba laba merayap di sarangnya perlu lampu dan lensa khusus.

Ini sisi tehnis, kisah horor bisa dibayangkan karena konon lokasinya sekitar Puncak, Sentul dan sekitarnya. Artinya akan ada embun di pegunungan, dan teriakan miris dari balik jurang.

Bintang yang mendukung film horor ini juga jaminan mutu, ada Raffi dan istrinya Nagita, ada juga Marshanda. Mantan pemain sinetron yang laris manis sebelum dia menjadi ibu rumah tangga dan kemudian kini menjanda. Aktingnya mumpuni sampai sinetronnya pernah tembus 4000 episode selama 6 tahun saat dia masih remaja.

Sedangka pendukung atau cameonya ada Roy Marten, Gisela, serta banyak artis kondang.

Tapi tidak ada nama Ayu Ting Ting yang selama setahun digosipkan ada hubungan khusus. Barangkali untuk yang ini dia perlu membuat film drama komedi.

Yang juga sedang mumpung adalah pedangdut kelahiran 1 oktober 1991 Via Vallen. Lama malang melintang di pesta kawinan bahkan juga ngamen di jalan, gadis kelahiran Sidoarjo melesat namanya saat mengcover lagu dangdut koplo berbahasa Jawa berjudul sayang. Awalnnya tidak ada yang  ngeh dan anggap biasa. Tapi ketika kemudian penikmat coverannya di youtube menembus 50 juta, orang terperangah. Diva dangdut koplo telah lahir. Dan sejak setahun lampau dia tidak pernah punya waktu jeda untuk sekedar mengurus perawatan  wajah, bahkan target kawin umur 26 juga terlewatkan.

AyuTing Ting dan Zaskia Gotik juga mulai ketar ketir karena terancam tenggelam oleh popularitas Via Vallen. Wajahnya menghiasai semua tabloid hiburan, juga kerap muncul jadi bintang tamu reality show. Dan paling kerap nongol beberapa menit di infotainment. Membuat penasaran karena hanya mengulik sekilas kegiatannya dari panggung ke panggung, ataupun sedang ngulek sambel di warung pinggir jalan. Seminggu sebelum dia tampil dalam acara tertentu, televisi gencar membuat iklan untuk selain mengundang pemirsa meluangkan waktu, juga iklan yang mengantre untuk mensponsori acara tersebut. Itulah fenomena artis dadakan,  mencuat dengan satu album kemudian merajai selama beberapa saat. Dalam kasus Via Vallen, selain lirik lagunya yang memang menggambarkan suasana hati yang baper, musik dangdut koplo memang sedang naik daun.

Dan jangan lupa, wajahnya yang mirip Isyana Saraswati dan suaranya yang agak mepet dengan suara Raisa juga secara tidak langsung membuat pemirsah melirik penyanyi yang mengaku masih jomblo ini. Mumpung ada kesempatan, Raffi dan Via Vallen menggunakannya dengan baik. Horor untuk Raffi dan dangdut Jawa koplo untuk Via Vallen.

Lebih seru lagi bila dalam film horornya Rafi ada dangdut koplonya Via Vallen, kemumpungan berganda.