Mohon tunggu...
Media Partner
Media Partner Mohon Tunggu... news, event and education

news, event and education group

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

4 Kampus Unggulan di Jakarta

14 Maret 2019   01:06 Diperbarui: 26 Maret 2019   20:50 867 1 0 Mohon Tunggu...

Sobat kompasiana, ruangedu_ akan coba mengulas 4 kampus Unggulan  di Jakarta yang memiliki nilai Akreditasi A alias "Unggul" dengan status Swasta. Kita pasti pernah membayangkan bahwa PTS (Perguruan Tinggi Swasta) / Kampus Swasta itu pasti memiliki fasilitas, kualiats di bawah PTN/Perguruan Tinggi Negeri. Tapi tunggu dulu! Yuks kita simak ulasan yang dihimpun oleh @ruangedu_ yang diperoleh dari berbagai sumber dan simak juga pemahaman tentang akreditasi, lembaga pemberi akreditasinya serta komponen apa saja yang menjadi penilaiannya. 

Akreditasi A ini diberikan oleh BAN-PT dan tidak begitu saja melekat disebuah Perguruan Tinggi, ada banyak proses dan komponen yang menjadi penilaian, seperti fasilitas, kurikulum, tenaga pendidik, kemahasiswaan dll yang harus sesuai standar BAN-PT. Lembaga ini merupakan lembaga independen, kredibel, dan akuntabel, serta diakui pada tataran global. Sebuah lembaga di bawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI memiliki Misi: 1. Membangun budaya mutu di pendidikan tinggi; 2. Mengembangkan sistem akreditasi sebagai pelaksanaan penjaminan mutu eksternal; 3. Melaksanakan akreditasi secara, efisien, handal, serta akurat; dan 4. Mengembangkan lembaga akreditasi mandiri yang bermutu.

Berikut 4 kampus swasta dengan nilai "Unggul' alias Akreditasi A (rutan berdasarkan tahun perolehan akrditasi A)

1. Universitas Gunadarma (GUNDAR)

Kampus ini berdiri tahun 1981, Universitas Gunadarma telah mengantongi akreditasi A BAN-PT sejak tahun 2014. Geedung, kampusnya di mulai dari  A sampai K di lokasi yang berbeda, tapi kampus utamanya berada di Jl. Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok.
Pada jenjang Strata 1, Gundar menawarkan enam fakultas yaitu Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Ekonomi, Sastra, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, dan Ilmu Komunikasi. Sistem Komputer dan Manajemen adalah dua dari jurusan-jurusan favorit terakreditasi A. Gundar juga punya program-program internasional, beberapa diantaranya yaitu International Bachelor and Master Degrees Collaboration serta Major for Integrated Program.

Instagram: @gunadarma

2. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Siapa tak knal Binus? kampus yang berpusat di Jl. KH. Syahdan no.9 Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Berdiri seja tahun 1996, dan sudah terakreditasi A BAN-PT sejak 2016. Padahal, dua tahun sebelumnya status akreditasi institusi Binus masih B. Untuk Strata 1 program reguler, Binus punya tiga fakultas dan empat sekolah yaitu Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Desain, dan Sekolah Teknik Informatika. Kalau mau ambil program kuliah ganda supaya nantinya bisa lulus dengan dua gelar, kamu bisa pilih Jurusan Teknik Industri dan Manajemen, Sistem Informasi dan Akuntansi, Sistem Informasi dan Manajemen, Sistem Informasi dan Teknik Industri, Teknik Informatika dan Matematika, atau Teknik Informatika dan Statistika. Sebagian besar jurusan tersebut juga sudah terakreditasi A BAN-PT.

Instagram: @binusuniversityofficial
 

3. Univeristas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

Tahun 1987 adalah awal berdirinya kampus ini, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka/Uhamka terkenal akan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikannya. Selain FKIP, Uhamka juga punya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi dan Sains, serta Fakultas Agama Islam dan yang terbaru (2018) telah dibuka Fakultas Kedokteran. Beberapa jurusan, seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, PGSD, Ilmu Komunikasi, Administrasi Pendidikan, dan Sejarah, telah terakreditasi A.
Uhamka terakredtiasi A BAN-PT sejak tahun 2016 -- meningkat dari dua tahun sebelumnya yang masih B. Lokasi kampus utama Uhamka berada di Jl. Limau II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dua kampus lainnya berada di Jakarta Selatan pula, sedangkan empat kampus lain berada di wilayah Jakarta Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN