Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Man on the street.

Nulis yang ringan-ringan saja. Males mikir berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jejak Kolonial, Kekayaan yang Diruntuhkan

19 Agustus 2022   06:46 Diperbarui: 25 Agustus 2022   12:18 237 28 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tampak depan gedung kantor Puslitbangtan (dokumen pribadi)

Kantor Puslitbangtan dan BBalitvet, Kota Bogor, adalah jejak kolonial yang terpelihara. Gedung lainnya diruntuhkan, termasuk kebun percobaan.

Menurut informasi, Langbouw dibangun pada tahun 1876. Kini digunakan sebagai kantor Pusat Penelitian Tanaman Pangan (Puslitbangtan) milik Kementerian Pertanian. Bahasa kerennya: Center for Food Crops Research and Development. 

Gedung kantor Puslitbangtan (dokumen pribadi
Gedung kantor Puslitbangtan (dokumen pribadi

Sedangkan bangunan kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Veteran (Bbalitvet) dibangun tahun 1908. Nama di zaman kolonial adalah Veeartsenijkundig Laboratorium, tempat penelitian penyakit hewan.

Kedua instansi milik Kementerian Pertanian itu berada dalam kompleks kantor penelitian bermacam hal mengenai pertanian. Penjajah juga membangun gedung penelitian untuk tanaman industri yang saat ini tampak modern.

Penelitian tanaman pangan dan tanaman industri dilengkapi dengan kebun-kebun percobaan. Jadi dalam satu lingkungan penelitian pertanian di daerah Cimanggu (kini, Jl Tentara Pelajar), Kota Bogor, meliputi area yang amat luas terdiri dari kantor-kantor dan kebun untuk penelitian.

Sebutlah misalnya, untuk penelitian tanaman industri tersedia lapangan pengeringan hasil palawija, dibangun dari beton berbentuk relatif cembung. Luasnya lebih dari dua lapangan tenis.

Baca juga: Perintah Atasan

Di sisi lain terdapat bungker penyimpanan bibit. Bukan tempat menyimpan duit Sambo.

Kini lapangan pengeringan di lapisi aspal sehingga kehilangan bentuk dan fungsi. Di sisi lain dibangun mes/tempat penginapan untuk pegawai dari lain daerah. Bungker dibongkar, dijadikan kolam. Tadinya. Airnya entah ke mana.

Kebun percobaan tanaman pangan dan tanaman lain di sekitarnya telah dibangun gedung-gedung kantor modern, menampung pegawai penelitian berbagai bidang (pasca panen, teknologi pertanian, tanah, dan banyak lagi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan