Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Pagi Paling Indah di Seminyak

10 Juli 2021   07:07 Diperbarui: 10 Juli 2021   07:18 277 55 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pagi Paling Indah di Seminyak
Ilustrasi pagi cerah oleh Davidcmiller dari pixabay.com

Tiada kerabat. Tiada sahabat. Tiada pintu keluar. Gelap. Benak berputar. Dari mana lagi mendapatkan uang gampang dengan tempo pengembalian panjang? Sementara ia sebatang kara di wilayah ini.

Bila dalam dua hari biaya langganan tidak dilunasi, maka provider akan memutus sambungan internet. Padahal pendapatan utama gerai bersumber dari penjualan waktu koneksi kepada pelanggan untuk berselancar di dunia maya.

***

Apakah merupakan suatu keberuntungan atau bukan, mendadak Otis memperoleh tempat usaha berdasarkan selembar surat wasiat. Sahabat terbaiknya wafat, meninggalkan testamen di notaris yang menyatakan: setelah berpulang,  seluruh harta benda miliknya dibagi-bagikan kepada sahabat-sahabatnya.

Dalam hal keluarga pun kerabat, almarhum adalah sendiri. Dalam hal pertemanan, ia memiliki sahabat-sahabat. Oleh karena itu, rumah, kendaraan, perabotan, dan harta benda jatuh kepada sahabat-sahabatnya.

Segala hal mengenai tata cara peralihan, berikut biaya-biaya yang timbul akibat balik nama harta telah diatur dengan cermat. Juga disebutkan, kewajiban daripada sahabat-sahabat penerima aset tersebut adalah memeliharanya. Tidak untuk diperjualbelikan kembali. Perincian telah ditulis secara saksama tanpa kurang suatu apa. Para sahabat-sahabat hanya perlu menandatangani berkas, untuk kemudian menerima surat kepemilikan dan sejumlah uang dari almarhum.

Pria itu beruntung, menerima properti berupa sebuah usaha warnet)* masih berjalan, namun berada di tempat paling jauh di antara lokasi harta benda lainnya. Barangkali almarhum mengerti keadaan Otis yang melajang dengan pekerjaan serabutan.

Berbekal ransel besar, dokumen kepemilikan, kunci-kunci, dan uang warisan, selanjutnya Otis menaiki bus malam menuju Seminyak, BaliSetelah sehari semalam perjalanan, akhirnya Otis bisa memandang warisan dari sahabatnya. Ketika rolling door ruko berlantai dua itu diangkat, tampak kaca gelap di mana pada permukaannya menempel deretan huruf berwarna putih:

INTERNET SHOP (Warung Internet)

Connection for your private and business purposes.

Open daily from 08.00 AM - 10.00 PM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x