Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Segera Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Menerobos Banjir

22 Februari 2021   17:57 Diperbarui: 25 Februari 2021   02:31 1027 52 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Segera Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Menerobos Banjir
Mobil Menerjang Banjir, gambar oleh j_lloa dari pixabay.com

Banjir Jakarta pada hari Sabtu lalu menyisakan banyak cerita.

Sebagian pihak mengalamatkan sebab kepada curah hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek. Limpahan air dari dataran tinggi berbondong-bondong menuju dataran lebih rendah. 

Percakapan lain tidak menyoalkan kepada iklim yang given, tetapi memikirkan tindakan-tindakan (doing) antisipasif, strategik, dan upaya-upaya penanganan di sekitar banjir.

Ya sudah, biarkan saja silang pendapat mengenai banjir tersebut menggenangi lini masa. Ia akan reda dengan sendirinya ketika tiba di gerbang musim kemarau. 

Toh kisah kubangan air di Jakarta tersebut akan senantiasa berulang di tahun depan, tanpa aksi konkret dari para pemangku jabatan.

Banjir Jakarta tidak hanya meluncur deras di jalan raya yang mulus, juga merendam permukiman warga.

Sekian tahun yang lalu, saya mengantarkan seorang teman kantor pulang ke rumahnya menggunakan minibus sejuta umat. Memasuki daerah Pondok Jaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, air menggenang setinggi setengah roda.

Untuk menjaga agar mobil tidak mogok, saya memindahkan persneling ke gigi paling rendah dan menjaga mesin berputar konstan.

Kekhawatiran saya adalah, air berpotensi masuk ke dalam knalpot, sehingga keajekan menekan pedal gas akan menghindari air tersedot ke ruang mesin. Kejadian ini jarang terjadi, kecuali knalpot terendam penuh.

Setelah keluar dari permukiman tersebut, kendaraan kembali menuju jalan raya. Semakin lama permukaan jalan semakin kering, karena cenderung menanjak. Namun terasa ada beberapa kejanggalan atas kinerja kendaraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN