Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Sup Singkong dan Bolu Ubi Jalar, Inovasi Sajian Pengganti

14 Oktober 2020   07:45 Diperbarui: 22 Oktober 2020   20:58 290 65 27 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sup Singkong dan Bolu Ubi Jalar, Inovasi Sajian Pengganti
Ilustrasi sup singkong (dokumen pribadi)

Demi menopang ketahanan pangan menghadapi pandemi yang tidak berkesudahan, pemerintah membuka food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Lumbung pangan baru itu merupakan program pengembangan sumber pangan dalam satu kompleks, meliputi: pertanian, perkebunan, dan mungkin peternakan.

Ditambah lagi pembangunan cadangan pangan singkong yang penugasannya dilimpahkan kepada Menteri Pertahanan oleh Presiden Jokowi.

"Saya hanya menjelaskan rencana ke depan singkong dan di Kalimantan Tengah kita akan mulai 2021, 30.000 hektare. Selanjutnya sampai akhir 2025 meningkat terus sasaran kita, hingga akhir 2025 sebanyak 1,4 juta hektare. Garis besar itu," ujar Prabowo.

Dalam jangka menengah dan panjang, pembangunan cadangan pangan singkong bersama food estate merupakan program ketahanan pangan yang diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan santapan 268 juta jiwa (per 30 Juni 2020).

Diketahui, sebagian besar masyarakat Indonesia menggantungkan kebutuhan asupan karbohidrat selain dari nasi, juga dari singkong, jagung, sagu, ubi, dan pisang.

Pun dalam kehidupan sehari-hari lumrah ditemui mi dan roti sebagai pengganti makanan pokok. Padahal bahagian terbesar dari pembentuk mi dan roti adalah tepung gandum yang masih impor, yang sedikit banyak menggerogoti cadangan devisa negara.

Alangkah baiknya, kita sebagai masyarakat konsumen, bisa mengolah sumber pangan berbahan selain beras dan gandum dalam kemasan yang menarik.

***

Akhir pekan kemarin, saya berkunjung ke rumah adik yang berhalaman luas. Belum lama ia memanen singkong dan ubi. Umbi-umbian tersebut tidak diolah secara biasa, digoreng atau direbus, tetapi diolah menjadi sup singkong serta bolu dari tepung singkong (ubi kayu) dan ubi jalar.

Bagaimana penampilan dan cara memasaknya?

1. Sup Singkong

Pada dasarnya sup dibuat seperti biasanya, bedanya pada penambahan singkong sebagai sumber karbohidrat pengganti kentang dan nasi. Kali ini sup dibuat sederhana, berbahan sayuran tanpa protein hewani, alias diolah selayaknya sup vegetarian.

  • Isinya    : wortel, buncis, brokoli, jamur.
  • Bumbu  : bawang putih, merica, biji pala, cengkeh, bubuk kaldu jamur, irisan jahe muda.
  • Taburan: bawang putih iris goreng dan bubuk cabai kering.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x