Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Berbagi Cerita Pola Hidup Masyarakat di Belanda

3 Januari 2023   22:27 Diperbarui: 3 Januari 2023   22:32 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: penulis dan Pak Romli orang Indonesia yang menetap di Belanda foto di pesawat saat perjalanan. (Dokpri)

Negara Maju memiliki Masyarakat yang berpikiran Maju.

Dalam tulisan kali ini saya akan menceritakan bagaimana pola hidup orang di negeri kincir angin Belanda cerita ini saya dapat dari pak Romli teman sebelah duduk saya di pesawat dari Bandung menuju Medan.

Saat perjalanan dari Bandung menuju Medan saya beruntung bertemu dengan orang Indonesia yang tinggal di Belanda.

Orang Indonesia yang sudah hampir 30 tahun tinggal di Belanda sedikit banyaknya mengetahui bagaimana pola hidup di negara Belanda.

Pak Romli memulai pembicaraan bagaimana kondisi Medan saat ini dia bertanya kepada saya, beliau pernah sekolah di Medan dan perjalanan ini sekedar mengingat memori beliau di masa silam.

Kondisi kota Medan begitu banyak perubahan dari segi arsitektur pembangunan gedung-gedung pencakar langit tempat-tempat yang sudah banyak berubah dari zaman beliau tinggal di Medan dibandingkan saat ini, itu yang saya sampaikan.

Ternyata Pak Romli bekerja dan tinggal di Belanda sudah cukup lama, di awal pertemuan saya sedikit mendapat bocoran dari bahasa beliau dengan anaknya yang menggunakan bahasa Belanda.

Saya penasaran bagaimana kehidupan di negara maju, kesempatan langka bertemu dengan orang yang tinggal di sana saya jadikan momentum untuk bertanya dan menggali informasi sebanyak-banyaknya.

Untuk hal pertama yang kami bahas bagaimana taat hukumnya masyarakat di Belanda, jarang terjadi tindakan pelanggaran hukum di negara tersebut apalagi kasus korupsi, kolusi dan nepotisme, sangat jarang terdengar di sana terjadi kata beliau.

Masyarakat sangat taat terhadap hukum, pejabat tidak pernah terdengar ada yang korupsi, dan nepotisme tidak berlaku dalam pola hidup dunia kerja masyarakat di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun