Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Muhasabah Diri, Amanah Allah dan Hikmah-Hikmah Qurban

10 Juli 2022   10:30 Diperbarui: 10 Juli 2022   15:46 96 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penulis sedang Mendengarkan Khotib menyampaikan khutbah saat shalat idul adha 1443 H di lapangan SBBK kotapinang

Manusia sebagai ciptaan Allah SWT diberikan tubuh yang sehat dan kuat dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dari setiap anggota tubuh yang kita miliki terdapat amanah yang diberikan Allah untuk kita jaga.

Anggota tubuh kita mata, telinga, mulut, Tangan, kaki dan lainnya, memiliki peranan masing-masing. yang di akhirat kelak akan dimintai pertanggung jawabannya.

Dalam Al Qur'an tegas dikatakan bagaimana nanti tangan dan kaki kita akan di mintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. 

"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan," (Qs. Yasin : 65)."

Sebagai manusia berbuat maksiat terkadang sering kita lakukan baik sadar maupun tidak sadar.

Mulut kita yang sering berbicara menyakiti perasaan orang lain, begitu banyak kata dan kalimat terkadang kita tidak tahu yang kita ucapkan menyinggung perasaan orang lain.

Sebaiknya dalam berbicara, Dari pada tidak bisa bicara yang baik lebih baik kita diam.

Begitu juga dengan telinga yang diamanahkan Allah kepada kita, apakah sudah kita gunakan untuk mendengarkan hal-hal yang baik.

Mungkin kita sering menggunakan telinga kita untuk mendengarkan pembicaraan yang tidak baik atau mendengarkan ghibah dan fitnah dalam setiap pembicaraan yang kita lakukan.

Telinga yang baik akan mendengar yang baik, lantunan ayat Alquran dan mempelajari artinya jauh lebih baik kita lakukan dibandingkan bergunjing membicarakan kejelekan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan