Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Tiga Solusi Meningkatkan Kinerja Para PNS

19 September 2021   23:58 Diperbarui: 20 September 2021   00:20 127 8 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tiga Solusi Meningkatkan Kinerja Para PNS
Sumber gambar: riausindo.com

Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik,
Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi sorotan utama untuk diperbaiki.

yang terbaru pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Salah satu aturan dalam PP tersebut adalah disiplin masuk dan jam kerja PNS.

Apa sebenarnya yang terjadi pada disiplin dan jam kerja PNS sehingga pemerintah sampai mengeluarkan peraturan? Apakah sudah begitu rendahnya tingkat disiplin para PNS di negeri ini?

Fakta di lapangan memang ada sebagian oknum PNS yang etos kerjanya begitu rendah, dimana disaat jam kerja keluyuran bolos tidak melaksanakan tugasnya.

Kebiasaan sebagian oknum PNS yang tidak bekerja dengan baik mengundang berbagai cibiran dari masyarakat, sehingga terkadang PNS yang memiliki kinerja baik  tidak terlihat dimata masyarakat karena ditutupi perilaku buruk sebagian dari para PNS yang suka bolos saat bekerja.

Sebagai ilustrasi atau pengalaman yang sering terjadi mungkin kita pernah menghadapi situasi ingin mengurus surat kekantor pemerintah namun disuruh menunggu cukup lama karena pegawai yang bersangkutan tidak ada di tempat, padahal masih jam kerja.

Situasi seperti ini sangat menjengkelkan dan terkadang membuat kita merasa tidak nyaman. Dimana PNS seharusnya memberikan pelayanan prima namun membuat rakyat yang menggajinya kecewa.

Bagaimana cara terbaik yang harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi persoalan disiplin para PNS yang suka bolos saat jam kerja, mungkin tiga solusi berikut bisa dicoba.

1. Adanya Reward dan Punishment

Memberikan penghargaan bagi para PNS yang berprestasi sebaiknya dilakukan pemerintah.

Promosi jabatan bagi para PNS yang memiliki kinerja baik patut dilakukan agar motivasi dalam bekerja terus meningkat karena setiap prestasi akan di berikan reward yang sepadan yaitu jabatan yang semakin baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Birokrasi Selengkapnya
Lihat Birokrasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan