Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ada 2 Pelajaran Penting dari Memperingati HUT RI ke-76

16 Agustus 2021   23:34 Diperbarui: 16 Agustus 2021   23:46 627
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar sumber: kompas.com

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun ini jatuh pada hari Selasa 17 Agustus 2021.
Setiap tahunnya peringatan kemerdekaan dilaksanakan, acara yang paling sakral adalah penaikan bendera merah putih yang dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air

Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari pelajar-pelajar pilihan yang di seleksi ketat akan menjadi pusat perhatian dan yang paling bertanggung jawab mengibarkan bendera merah putih di iringi lagu kebangsaan Indonesia raya.

Kemeriahan dalam menyambut hari kemerdekaan memang begitu terasa sekalipun situasi saat ini masih belum stabil akibat pendemi virus Corona.

Menyikapi perayaan kemerdekaan yang setiap tahun dilaksanakan di negeri ini. Sangat di sayangkan jika kita tidak mampu mengambil pembelajaran dari kegiatan seremonial yang rutin dilaksanakan.

Ada dua pelajaran penting yang bisa kita ambil dari proses pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia.

1. Menguatkan Nasionalisme

Dengan mengikuti dan menyaksikan kegiatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia maka seiring berkibarnya bendera merah putih menguatkan rasa nasionalisme setiap warga negara Indonesia.

Nasionalisme atau rasa cinta tanah air akan begitu terasa disaat peringatan hari ulang tahun republik Indonesia di bulan Agustus. Karena suasana yang dibangun hampir satu bulan penuh bernuansa kemerdekaan Dengan bendera merah putih terpampang diberbagai perkantoran maupun pusat-pusat keramaian.

Rasa cinta tanah air menjadi pelajaran penting bagi generasi bangsa. Dengan HUT RI yang dilaksanakan akan terus menjaga semangat nasionalisme yang ada dalam sanubari rakyat Indonesia.

2. Patriotisme

Patriotisme atau bela negara akan sangat tersulut disaat kita mendengarkan detik-detik proklamasi yang diadakan pada upacara HUT RI 17 Agustus yang dilaksanakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun