Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru PPKn, Blogger, Penulis Buku dan Praktisi Bela diri Karate

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Politik

Media Sosial, Sarana Koalisi Rakyat dengan Penguasa

13 Januari 2021   16:56 Diperbarui: 13 Januari 2021   17:32 60 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Sosial, Sarana Koalisi Rakyat dengan Penguasa
Ilustrasi oleh Robit.id

Media sosial saat ini menjadi tempat mencari informasi yang paling mudah bagi masyarakat, terkadang medsos juga bisa dijadikan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan keluh kesah seseorang kepada orang lain. 

Saat ini pemimpin suatu wilayah di Indonesia sudah menjadikan media sosial sebagai alat komunikasi dengan rakyat. Mendengar keluhan yang ada pada rakyat menjadi sangat mudah dilakukan pejabat negara karena akses informasi dan komunikasi melalui medsos sangat mudah dilakukan.

Pengguna telepon seluler atau ponsel pintar di Indonesia sudah sangat tinggi sekali. Bahkan ponsel saat ini menjadi barang primer yang wajib dimiliki seseorang. Hal ini mendorong penyedia layanan aplikasi terus meningkatkan fitur pelayanan yang diberikan. Terlebih lagi media sosial yang terus berkembang. Jika dulu masyarakat hanya mengenal Facebook namun saat ini muncul berbagai aplikasi seperti whatsapp, Twitter, line, telegram dan masih banyak media sosial lainnya.

Media sosial ini bisa dijadikan pejabat negara sebagai sarana untuk berkoalisi dengan rakyat. Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo sebagai salah satu pemimpin yang sukses menggunakan medsos dalam melihat apa kebutuhan dan keluhan masyarakat.

Dalam perkembangan politik kedepannya seorang tokoh politik sebaiknya menguasai cara memanfaatkan teknologi khususnya media sosial sebagai sarana berpolitik.

Jika seorang pemimpin melibatkan rakyat dalam melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya. Pasti figur pemimpin seperti ini akan dicintai oleh rakyatnya.

Media sosial saatnya digunakan pemimpin untuk menjadi sarana berkoalisi dengan rakyat menerima laporan dari rakyat seputar keluhan dan masukan akan menjadi suatu kemudahan bagi pemimpin untuk menyusun suatu roadmap pembangunan karena menerima masukan langsung dari orang yang membutuhkan yaitu rakyat.

VIDEO PILIHAN