Mohon tunggu...
Budhi Rahardjo
Budhi Rahardjo Mohon Tunggu... Rakyat Biasa

Becik Ketitik, Olo Kethoro Sing Salah Bakal Seleh

Selanjutnya

Tutup

Politik

Rakyat Perlu Konsolidasi, Bukan Disuguhi Dagelan Politik

18 April 2021   17:03 Diperbarui: 18 April 2021   18:23 254 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rakyat Perlu Konsolidasi, Bukan Disuguhi Dagelan Politik
Ilustrasi : Dagelan politik, sumber gambar humas pemkab Pemalang, Facebook


 

Pemalang -  Pemilihan Kepala Desa (Pilkada) serentak yang dilaksanakan secara e-voting pada 172 Desa di Kabupaten Pemalang pada tahun 2018, salah satunya Desa Gombong, Kecamatan Belik. Kondisi masyarakat Desa Gombong dan Desa-desa lain jelang Pilkades saat itu memanas. 

Pada politik lokal seperti ini, ketika warga sudah menentukan pilihannya akan dibela mati-matian, walaupun dari empat kandidat tersebut masih saling bersaudara. Kondisi seperti ini rawan akan perpecahan dan tidak akur dalam bermasyarakat.
 
Melihat kondisi dan potensi perpecahan, saya selaku putra kelahiran Desa Gombong terpanggil untuk menginisiasi agar masyarakat bersatu pasca Pilkades Gombong 2018 lalu.

Langkah konsolidasi saya tempuh agar para pendukung calon Kades yang kalah bisa bersatu kembali, untuk membangun Desa Gombong enam tahun ke depan bisa lebih baik lagi.

Waktu itu saya masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang, saya mendorong kepada semua Kepala Desa terpilih di Kabupaten Pemalang beserta tim suksesnya untuk mengadakan Pesta Rakyat. Ini digelar sebagai konsolidasi sosial dan politik  tujuannya agar masyarakat khususnya para pendukung calon kades yang kalah bisa bersatu kembali untuk membangun desa  enam tahun ke depan agar lebih baik lagi.

Pesta demokrasi tingkat  desa yang dilaksanakan dalam kurun waktu dua bulan dengan persiapan hampir setahun ini, kondisi di masyarakat  di masing -- masing desa mengalami suhu politik yang memanas, karena perbedaan pilihan, dengan pagelaran seni hiburan ini mereka disatukan kembali untuk membangun Gombong.

Para Tim Pemenangan masing masing calon dikumpulkan, mereka mengaku sangat senang dengan pesta rakyat yang digelar di Gombong, dan siap mendukung pembangunan desa kedepan.

"Saya sangat senang dengan acara ini, karena semua bisa dirukunkan kembali setelah Pilkades kemarin yang sangat panas lah bagi saya" ujar Kasno pendukung calon Kades No 4, dikutip dari https://jatengprov.go.id

Ribuan penonton dari yang muda sampai yang tua memadati lapangan desa Gombong, dan menikmati acara tersebut hingga larut malam.

Puluhan penari kuda kepang  juga turut serta mewarnai acara pagelaran seni "Pesta Rakyat Desa Gombong-Kembul Batir Maning" ini digelar di lapangan Desa Gombong kecamatan Belik, Sabtu, (10/11/2018 ).

Inilah potret politik lokal desa, tentunya tidak jauh beda dengan helatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pemalang 2020 lalu.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x