Mohon tunggu...
Bubup Prameshwara
Bubup Prameshwara Mohon Tunggu... Operator - Uyeah

Kadang saya memikirkan apa yg terjadi di indonesia ini, sungguh bikin "miris". Tapi kadang saya juga merasa tak ada gunanya memikirkan apa yg sedang saya pikirkan :O

Selanjutnya

Tutup

Media

Menulis Highlight(s)

15 September 2011   05:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:57 526 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Highlight(s)
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Highlight bisa kita simpulkan secara frontal adalah berita secepat kilat, ibarat kata secepat kedipan lampu kamera. Berita ini ditulis beberapa saat setelah kejadian, jadi isi berita benar-benar masih hangat dan aktual. Highlight sangat tepat sekali kita gunakan untuk menulis laporan pandangan mata tentang jalannya pertandingan suatu cabang olahraga. Ketika ada hal-hal menarik tentang jalannya pertandingan, berita highlight sangat berfungsi untuk menyebarkan informasi secara cepat, sehingga para pembaca berita yang berhalangan tidak dapat menyaksikan secara langsung suatu pertandingan akan dimanjakan dengan tampilnya berita highlight ini.

Highlight suatu pertandingan olahraga biasanya menitikberatkan kepada poin-poin penting dari kejadian menarik dan atau perubahan jalannya pertandingan. Jadi, hal-hal detail (ya detail semacam 5W+1H) hanya ditulis seperlunya saja. Kumpulan beberapa highlight dalam satu pertandingan inilah yang nantinya dapat kita gunakan untuk menulis satu review pertandingan secara lebih menyeluruh dan mendetail beserta kaidah-kaidah penulisan berita yang sesungguhnya. Berikut ini adalah salah satu contoh highlight yang mengambil tema tentang laporan pandangan mata pertandingan bulutangkis, final Indonesia Open 2011 :

Highlights partai final Ganda Putra Indonesia Open 2011
Highlights partai final Tunggal Putri Indonesia Open 2011
Highlights partai final Tunggal Putra Indonesia Open 2011
Highlights partai final Ganda Putri Indonesia Open 2011
Highlights partai final Ganda Campuran Indonesia Open 2011

Dari kelima highlights tersebut diatas dapat kita gunakan untuk bahan menulis satu buah review tentang final Indonesia Open 2011 dengan lebih mendetail lagi, dan inilah contohnya :

Review partai final Indonesia Open 2011

* * * * * * *

Apakah hanya berlaku untuk bulutangkis saja ?

Tentu saja tidak, penulisan berita dengan cara seperti ini juga bisa digunakan pada cabang olahraga lain, misalkan sepakbola, tenis, tinju, balap motor, balap F1 dll.

Sepakbola, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pertandingan sepakbola berlangsung selama 2x45 menit waktu normal dengan 1x istirahat di tengah pertandingan. Bila ada kejadian menarik disaat babak pertama, misalnya terjadi gol, dikeluarkannya kartu merah, ada tendangan penalti, dll, dapat kita buat highlight yang menggambarkan kejadian tersebut. Babak pertama selesai, bisa kita buat highlight babak pertama. Begitu pula dengan babak kedua, jadi dalam satu pertandingan sepakbola kita bisa menghasilkan minimal dua buah berita highlights, dan dari beberapa highlights yang kita buat tadi dapat kita rangkum dalam satu review pertandingan tersebut.

Ya benar, ada banyak sekali pakar dan pengamat sepakbola di Kompasiana ini, sungguh saya pribadi merasa tersanjung bilamana ada yang mau menerapkan gaya menulis highlights & review tentang jalannya pertandingan sepakbola (itu pun kalo ada yg baca tulisan ini, hahaa). Secara pribadi pun saya juga baru bisa mempraktekkannya dalam pertandingan bulutangkis (yaaa berawal karena ada riquest dari senior Kompasiana sich hehee, pis men pis men, tempat pipis dimana men?).

SALAM OLAHRAGA :)

~~,"{P.S.K}",~~
Pojok Sports Kompasiana

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x