Mohon tunggu...
Bryan Eduardus
Bryan Eduardus Mohon Tunggu... Mahasiswa

Warga Negara yang Bersuara Lewat Kata-Kata! | https://telemisi.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Kenapa Kita Harus Menonton Film Indonesia?

18 Desember 2016   22:30 Diperbarui: 19 Desember 2016   00:02 645 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa Kita Harus Menonton Film Indonesia?
Sumber Gambar: www.pixabay.com | mojzagrebinfo

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, menonton bioskop bukan hal yang asing bukan? Bahkan untuk beberapa diantara kita, menonton bioskop sudah menjadi sebuah hal yang sangat penting. Bahkan dari 3 penggolongan utama kebutuhan manusia yang telah kita pelajari dulu di jenjang sekolah: primer, sekunder, dan tertier; mungkin menonton bioskop sudah menjadi salah satu kebutuhan primer! Menonton bioskop tidak kalah penting dengan makan! Tidak nonton bioskop seminggu atau ketinggalan film favorit kita akan membuat kita merasa kehilangan semangat hidup! Hehe, bercanda!

Sekarang bagi anda yang hobi atau minimal pernah menonton bioskop (masa gak pernah sih, kasihan bener), saya mempunyai sebuah pertanyaan. Jika dibandingkan, kategori film mana yang lebih sering anda tonton: film Indonesia atau mancanegara? Cukup dijawab dalam hati saja, karena sepertinya saya sudah mengetahui jawabannya. Semoga saja benar yah! Tapi kalau salah sekalipun harap dimaklumi, toh saya bukan Romy Rafael yang memang kerjaannya dibidang itu. Berdasarkan pengalaman saya dulu, kita menonton lebih banyak film mancanegara. Kenapa lebih banyak menonton film mancanegara? "Karena..."

Nah ketika ditanya mengapa, pasti banyak alasan yang dapat dikemukakan. Misalnya sejak awal kurang tertarik dengan film-film Indonesia atau mungkin tidak mengetahui ada film tersebut. Dulu ada satu alasan utama yang membuat saya tidak begitu tertarik untuk menyaksikan film-film Indonesia yaitu "Untuk apa saya menyaksikan film Indonesia di bioskop, toh berapa bulan lagi juga tayang di TV". Mungkin beberapa diantara anda mempunyai persepsi yang sama dengan beberapa pernyataan diatas. Lewat pembahasan singkat ini, saya harapkan persepsi anda terhadap film Indonesia dapat berubah, asik!

Beberapa Judul Film Indonesia (Wooclip.com)
Beberapa Judul Film Indonesia (Wooclip.com)
"Film Indonesia Gak Asik...", permasalahannya bukan pada "film Indonesia-nya" namun karena anda belum menemukan saja film Indonesia yang minati. Industri film Indonesia menyajikan berbagai macam jenis film mulai dari komedi, action, drama, hingga horror. Kalau mengenai ditayangkan di TV, bukan film Indonesia, film mancanegarapun akan ditayangkan TV beberapa waktu kemudian. Tapi apa yang membuat kita tetap ingin menyaksikan film itu bahkan kalau bisa secepat-cepatnya setelah film itu mulai ditayangkan? Karena kita menggemari judul atau serial tersebut. Oleh karena itu, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk tidak menyaksikan film Indonesia. Kalau tidak menonton film di bioskop, tidak perlu menunggu tayang di TV kok, di internet juga sudah beredar bajakan film beberapa hari sejak film tersebut ditayangkan! Hehe bercanda yah, jangan ditiru!

Sesuai judul diatas, kita HARUS (mendukung) film Indonesia di bioskop! Dimana-mana kan digalakkan, Dukung Perfilman Indonesia, tetapi bagaimana caranya mendukung film Indonesia? Cara terbaik untuk mendukung film Indonesia adalah dengan MENONTON-nya! Sekali lagi, untuk mendukung perfilman Indonesia ya DITONTON karya-karya sineas perfilman kita. Karena ternyata menonton film Indonesia di bioskop memberikan dampak positif bagi banyak pihak. Tentunya menjadi motivasi bagi para sineas untuk terus membuat dan terlibat dalam karya-karya yang berkualitas. Tetapi bukan hanya motivasi bagi para sineas, lho!

Keuntungan sebuah film menguntungkan bagi production house (PH) film tersebut. Dari keseluruhan pendapatan sebuah film, pihak PH mendapatkan sekitar 40% pemasukan. Ketika PH menyadari bahwa film Indonesia digemari, mereka akan lebih aktif memberikan kesempatan bagi para sineas untuk berkarya. Dengan itu tentunya akan menghasilkan industri perfilman yang lebih luas secara jenis film dan lebih berkualitas. Pihak bioskop juga terciprat keuntungan sebuah film yang biasanya berkisar sekitar 40% pula. Keuntungan ini juga membantu pihak bioskop untuk menciptakan lebih banyak bioskop khususnya bagi saudara-saudara kita yang berada di pelosok. Terakhir tindakan kita membeli tiket untuk menyaksikan film Indonesia juga menguntungkan pemerintah lewat sektor pajak sekitar 20% dari total pendapatan. 

Mungkin ada diantara anda yang berpikir, kan ketika kita menonton film mancanegara keuntungan itu juga didapatkan pihak-pihak tersebut. Memang ada tetapi persentasenya jauh lebih kecil. Keuntungan bagi PH akan diterima sepenuhnya oleh pihak mereka, bioskop tidak akan mendapat keuntungan sebanyak itu, pemerintah pun tidak mendapatkan pendapatan pajak sebesar itu. Itulah beberapa alasan mengapa kita HARUS menyaksikan film Indonesia, karena uang pembelian tiket anda akan memberikan dampak yang berarti bagi para banyak pihak!

Semoga artikel singkat ini bisa membuat anda tertarik untuk menyaksikan film Indonesia! 30 ribu anda dapat memberikan dampak bagi banyak sekali pihak! Dengan mulai menyaksikan film Indonesia tentunya akan meningkatkan kualitas film-film Indonesia sendiri. Siapa tahu beberapa tahun yang akan datang, Indonesia mampu menciptakan film sekelas Superman, siapa tahu?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x