Mohon tunggu...
Bryanita Azizah Mioza
Bryanita Azizah Mioza Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030041

NIM 20107030041

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Tips Diet Saat Puasa, Emang Bisa?

13 April 2021   10:22 Diperbarui: 13 April 2021   11:10 167 3 0 Mohon Tunggu...

Puasa bagi umat Islam adalah menghindari makan dan minum, dari subuh hingga matahari terbenam, dan semua tindakan yang dapat membatalkan puasa. Hal ini guna untuk meningkatkan ketaqwaan umat Islam. Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam, dengan puasa artinya kita harus menahan hawa nafsu kita. 

Salah satu tujuan kita berpuasa yakni untuk mesucikan diri, namun di samping itu pasti ada orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk diet atau menurunkan berat badan. Nah, di sisi lain kita juga perlu untuk menjaga asupan gizi kita saat berpuasa. Lalu bagaimana caranya?

  • Melengkapi kebutuhan mineral

Bagaimana cara kita supaya bisa memenuhi cairan dalam tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa? Sebelum berbuka dan sebelum sahur lebih baik kita langsung meminum air putih, jangan minum minuman yang mengandung gula yang tinggi seperti sirup, teh, dll, akan lebih baik jika kalian meminum air kelapa tanpa tambahan apapun, dan ini berguna untuk menambah ion / isotonik tubuh kalian.

Untuk jumlahnya sekitar 250 -- 500 ml sebelum makan. Kenapa sebelum makan, karena jika dalam keadaan perut kosong maka air akan lebih cepat diserap dan kalian akan mudah kenyang sehingga porsi makan tidak akan terlalu banyak.

Adapun tips dan cara meminum air saat puasa yakni dengan metode 2-4-2

2 gelas air putih saat berbuka

4 gelas air putih saat makan malam, dan

2 gelas air putih saat sahur

  • Meminum air lemon / jeruk nipis

Kok pas perut kosong kita minum yang asam-asam sih? Tenang hal ini berguna untuk menstabilkan kerja asam lambung kalian. Caranya yakni dengan menambahkan 1 sdm perasan lemon / jeruk nipis lalu tambahkan sedikit air. Tapi, jika pencernaan kalian tidak kuat, kalian bisa skip bagian ini.

  • Makan buah-buahan

Ketika makan maka lambung kita akan mencerna makanan yang kita makan dan pastinya kerja lambung ini dibantu dengan enzim. Nah untuk membantu enzim dalam mencerna makanan ada 2 jenis buah yang disarankan yaitu nanas (mengandung Bromelain Enzim) dan pepaya (mengandung Papain Enzim), kedua jenis buah itu memiliki fungsi enzim yang sama dengan enzim yang ada di dalam pankreas yang fungsinya mengurai protein supaya lebih mudah diserap oleh tubuh kita.

Kalian juga bisa memakan buah-buahan yang lain. Dan untuk cara makan, kalian bisa makan sebelum makan makanan utama dengan porsi yang sewajar / secukupnya saja ya. Karena dengan memakan buah-buahan kalian akan memperoleh vitamin untuk tubuh kalian.

  • Makan makanan yang dapat membantu kerja usus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN