Mohon tunggu...
bryan
bryan Mohon Tunggu... Petani - buruh tani

seseorang yang ngasal saja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi dan Manfaatnya

10 Desember 2022   03:17 Diperbarui: 10 Desember 2022   03:29 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bryan Nathanael

6132001144

Geladi hominisasi adalah salah satu dari tiga geladi yang biasanya diadakan oleh lembaga pengembangan humaniora di Universitas Parahyangan. Saya mengikuti geladi ini pada Sabtu, 3 Desember 2022. Berbagai rangkaian kegiatan telah saya lalui selama proses geladi ini. 

Dimulai dari sebelum geladi di mana kami diminta untuk menghayati lagu Indonesia raya 3 stanza. Setelah itu kami juga diminta menyimak salah satu dari beberapa film dokumenter. Saya memilih film dokumenter mengenai pangi, sebuah makanan sayuran khas Sulawesi Utara yang biasanya tidak pernah saya lewatkan kalau saya makan di rumah makan Manado.

Di hari geladi, saya masuk ke dalam kelompok yang sudah dibagikan sebelumnya. Kami mendiskusikan topik yang sudah ditentukan mengenai pengertian dan sejarah dari topik tersebut, SWOT, penerapan dan strateginya. Kemudian kami mempresentasikannya kepada kelompok lain dalam waktu yang terbatas. Kebetulan kelompok kami mendapatkan topik mengenai hari pohon sedunia.

Rangkaian geladi ini melatih saya dalam hal berlogika dan berbahasa. Misalnya, pada saat presentasi di hadapan orang banyak dengan waktu yang terbatas, setiap peserta dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik kepada para audiens dalam waktu yang tersedia, namun pesan yang ingin disampaikan tetap tersampaikan dengan baik.

 Kemampuan dalam menggunakan logika dan bahasa sangat penting sebagai warga negara karena dengan penggunaan logika dan bahasa yang baik, maka semua tindakan kita menjadi lebih tepat serta semua gagasan kita dapat tersampaikan dengan baik.

 Dalam geladi hominisasi ini cukup membantu dalam melatih saya dalam hal keterampilan penggunaan logika dan bahasa. Selain itu, adanya peningkatan dalam kemampuan penggunaan logika dan bahasa bermanfaat bagi saya sebagai seorang mahasiswa dalam bernalar mengenai materi yang disampaikan di kelas, juga dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Begitu juga dalam hal di masyarakat, saya menjadi semakin baik dalam menanggapi setiap isu dan permasalahan yang ada di masyarakat serta lebih baik dalam mengkomunikasikan pendapat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun