Mohon tunggu...
Shofi Amara
Shofi Amara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

mendengarkan musik, membuat scrapbook

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Inilah Kegiatan Mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2022 UNDIP pada UMKM di Kelurahan Gedawang

10 Agustus 2022   08:51 Diperbarui: 12 Agustus 2022   15:56 115 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
HInilah Kegiatan Mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2022 UNDIP pada UMKM di Kelurahan Gedawang

Gedawang, Semarang (09/08/2022) – Pada masa pandemi ini, Sanitasi adalah perilaku yang sedang di utamakan karena untuk menghindari virus dan bakteri - bakteri jahat yang dapat mempengaruhi kesehatan kita seperti Covid - 19, sehingga banyak orang yang sangat memperhatikan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kesehatan dengan melakukan sanitasi rutin seperti pemakaian hand sanitizer, mencuci tangan, memakai masker dll. Aspek kehidupan yang sangat diperhatikan juga sanitasinya adalah aspek pangan. Semua orang sangat menaruh perhatian pada pengolahan makanan secara higienis karena terjamin kualitas, mutu dan kebersihan makanan itu sendiri, mereka tidak mau terpapar virus dan bakteri yang dapat menyebabkan suatu penyakit, maka dari itu banyak orang yang berhati - hati dan memilih - milih dalam membeli makanan dari luar yang dilihat dari kehigienisan dari pembuatan makanan tersebut. oleh karena itu agar dapat menarik banyak konsumen UMKM pada bidang kuliner harus melakukan SOP Sanitasi agar dapat bekerja sesuai standar kebersihan yang sudah ditentukan dan dapat mengolah makanan secara higienis, sehingga dapat menarik para konsumen dengan kualitas kebersihan makanan yang disajikan juga, karena konsumen akan merasa aman untuk mengonsumsi makanan yang mereka beli.

SOP sendiri adalah urutan tata cara atau langkah dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Termasuk tempat juga waktu pelaksanaan dan siapa yang menjalankan. Sedangkan sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih, sehingga mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya seperti sampah dan cairan toksin agar dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. Sehingga dari pengertian tersebut didapatkan arti bahwa Prosedur Operasi Standart Sanitasi (SSOP) adalah Prosedur pelaksanaan sanitasi standart yang harus dipenuhi oleh suatu sentra pengolahan untuk mencegah terjadinya kontaminasi terhadap produk yang diolah.

Dan diketahui bahwa masih banyak UMKM di Kelurahan Gedawang yang bergerak di bidang kuliner ini masih belum memiliki SOP Sanitasi, bahkan dalam pengolahan makanannya mereka belum menggunakan perlengkapan sanitasi yang sesuai dan memadahi, seperti sarung tangan, masker, dan hair bonnet (penutup kepala), serta mereka masih belum menerapkan fasilitas sanitasi yang memadahi seperti wastafel untuk cuci tangan, dan tidak ada pemeliharaan terhadap peralatan dan fasilitas sanitasi yang mereka miliki. Mereka juga masih awam dengan kontaminasi silang yang sangat penting diperhatikan agar dalam pengolahan makanan tidak terjadi kontaminasi silang, karena kontaminasi silang adalah perpindahan bakteri atau mikroorganisme dari satu substansi ke substansi lain. Kondisi ini juga menjadi penyumbang banyaknya penyakit yang ada dunia ini, serta biasanya kontaminasi silang ini berasal dari makanan. Masih banyak UMKM di Kelurahan Gedawang yang belum memisahkan talenan dan pisau sesuai dengan jenis bahan mentah yang mereka pakai, padahal keadaan ini dapat menjadi cikal bakal kontaminasi silang terjadi, yang membuat berkembangnya bakteri jahat didalamnya dan dapat membuat konsumen yang memakannya sakit perut atau bahkan keracunan. 

Sehingga dibutuhkan edukasi terkait SOP Sanitasi usaha, yang bertujuan untuk mengedukasi mengenai ukuran standar kerja yang dapat memberikan karyawan sebuah pedoman untuk meningkatkan kualitas kerja serta memudahkan UMKM untuk melakukan evaluasi kegiatan atau kinerja, juga mengajarkan agar sadar akan pentingnya kehegienisan saat pengolahan makanan pada usahanya dengan memakai perlengkapan sanitasi yang memadahi. Oleh karena itu pada program kerja monodisiplin pertama ini kegiatan yang akan diusung Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP TIM 2 Periode 2022 adalah memberikan sosialisasi terkait tata cara dan pentingnya Prosedur Operasi Standar Sanitasi pada UMKM dibidang kuliner di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Diharapkan dengan diberikan sosialisasi mengenai Prosedur Operasi Standar Sanitasi ini, pelaku UMKM bidang Kuliner di Kelurahan Gedawang dan diseluruh Indonesia dapat menerapkan standar sanitasi yang memadahi untuk usaha mereka dan dengan adanya SOP Sanitasi yang dimiliki oleh setiap pelaku UMKM  diharapkan produk yang dihasilkan oleh para pemilik UMKM terjaga kualitasnya dan kualitas produknya pun juga dapat meningkat.

Inilah Kegiatan Mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2022 UNDIP pada UMKM di Kelurahan Gedawang
Inilah Kegiatan Mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2022 UNDIP pada UMKM di Kelurahan Gedawang

Di kelurahan Gedawang sendiri juga diketahui masih banyak UMKM yang belum melakukan pembukuan usahanya dengan tertata dan rutin dilakukan karena mereka menganggap pembukuan seperti itu sangatlah susah dan rumit. Padahal pembukuan keuangan usaha adalah suatu hal yang sangat krusial yang penting untuk dilakukan oleh sebuah usaha, karena untuk mengetahui keluar masuknya uang penjualan harus dilakukan pembukuan keuangan yang terorganisir sehingga mengetahui laba dan rugi yang dialami pada usahanya. Oleh karena itu dikeluarkanlah inovasi pembukuan keuangan usaha online yang bernama BukuWarung. BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Yang dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini seiring majunya perkembangan zaman, pembukuan usaha bisa melalui aplikasi handphone.  

Namun sayangnya aplikasi BukuWarung ini masih belum dikenal oleh para pelaku UMKM di Kelurahan Gedawang  maka dari itu pada program kerja monodisiplin kedua ini kegiatan yang akan diusung Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP Tim 2 Periode 2022 adalah memberikan sosialisasi mengenai aplikasi BukuWarung dengan mengajarkan cara penggunaan aplikasi BukuWarung untuk mempermudah pencatatan pengeluaran, pemasukan, utang dan piutang yang terjadi pada usaha UMKM di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Diharapkan dengan adanya sosialisasi aplikasi BukuWarung ini UMKM di Kelurahan Gedawang, dan di seluruh Indonesia mau melakukan pembukuan keuangan usaha mereka, dan makin giat dalam melakukan pembukuan keuangan usaha mereka karena dipermudah dengan adanya aplikasi BukuWarung ini.

Inilah Kegiatan Mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2022 UNDIP pada UMKM di Kelurahan Gedawang
Inilah Kegiatan Mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2022 UNDIP pada UMKM di Kelurahan Gedawang

Penulis : Shofi Amara Rizki (Administrasi Bisnis/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

DPL : Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan