Mohon tunggu...
mas kadi
mas kadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Seorang Peternak Pemula yang Ingin Selalu Belajar

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Budidaya Lobster Air Tawar, dari Buat Kolam dari Lemari Plastik di Kamar Kost hingga Punya 2200 Mitra

23 Juni 2021   17:27 Diperbarui: 23 Juni 2021   17:45 115 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Budidaya Lobster Air Tawar, dari Buat Kolam dari Lemari Plastik di Kamar Kost hingga Punya 2200 Mitra
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Seharusnya keterbatasan tidak menjadi penghalang buat kita saat memulai usaha. Seperti halnya yang dilakukan oleh Gemma Paku Bumi Saat pertama kali memulai usahanya budidaya lobster air tawar. Dilansir dari Video Youtube Milik Channel DNTrust , Gemma Paku Bumi memulai usaha budidaya Lobster Air Tawar Ketika masih duduk dibangku kuliah. Ia memanfaatkan lemari pakaiannya untuk dijadikan kolam budidayanya di kamar kost-nya.  Semua pakaiannya ia keluarkan kemudian memasukkan air  kedalam lemari plastik tersebut dan menambahkan aerator agar lobster memperoleh pasokan oksigen yang cukup.

Hingga saat ini lobster air tawar masih memiliki pasar yang cukup bagus, hal itu dibuktikan dengan banyaknya permintaan yang kian hari kian meningkat.  Hingga kini usahanya semakin meningkat dan ia semakin memperbesar usahanya dengan menggunakan bendera Gemma Farm. Permintaan lobster air tawar  pun kini semakin meningkat seiring dengan adalah peraturan mentri yang mengatur tentang ekspor lobster air laut. Padahal konsumsi lobster diberbagai negara yang cukup tinggi. Hal ini tentu menjadi peluang yang masih terbuka lebar untuk dikembangkan kedepannya. 

Untuk menarik minat calon calon pembudidaya baru, agar bisa memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi, Gemma Farm mengadakan pelatihan yang diadakan setiap hari sabtu. Dengan pelatihan tersebut diharapkan akan muncul pembudidaya - pembudidaya baru yang handal dan bisa memenuhi kebutuhan pasar. Selain giat mengadakan pelatihan Gemma Farm juga aktif memperluas mitra diberbagai daerah. Hingga kini ia telah memiliki 2.200 mitra yang tersebar diseluruh Indonesia. 

Ia yakin kedepanya lobster air tawar ini kedepannya mampu menjadi subtitusi lobster air laut yang penjualannya masih dibatasi.  Karena jika tidak dibatasi maka bisa jadi kedepannya lobster air tawar akan menjadi punah karena banyak diburu untuk diperjual belikan. Sementara hingga kini lobster air laut tersebut masih belum bisa dibudidayakan. 

Kedepannya gemma farm masih ingin meningkatkan hasil produksinya, agar bisa memenuhi semua kebutuhan pasar yang cukup tinggi terutama untuk kebutuhan konsumsi dalam negri.  Namun ia juga tak menampik bahwa kedepannya ia dan para mitranya berharap untuk bisa mengimpor hasil produksinya hingga keluar negri. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN