Mohon tunggu...
KKN 320 UNEJ DESA GENTONG
KKN 320 UNEJ DESA GENTONG Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa

Kelompok KKN 320 Desa Gentong, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN 320 Berhasil Gali Potensi Desa Gentong dengan Bangun Wisata Camping Ground dan Wirausaha Permen Asam

19 Agustus 2022   21:22 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:22 59 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bondowoso, 19 Agustus 2022

Hampir sebulan kegiatan KKN berlangsung tentu kami kelompok KKN 320 sudah cukup banyak mendapatkan data mengenai potensi yang ada di Desa Gentong, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso. Dari sekian banyaknya potensi yang ada, kami memilih salah satu potensi dari masing-masing tematik yaitu dari tematik pariwisata kami memilih untuk membangun wisata di Bukit Jaban dan dari tematik usaha kami memilih membangun usaha permen asam.

Berawal dari membuat sebuah komunitas Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan Kelompok Usaha berbasis koperasi, kami dari kelompok KKN 320 menjadi inisiator dalam pengembangan potensi desa yang kami pilih. Kami membuat roadmaps dan melakukan diskusi kepada komunitas yang telah dibentuk mengenai pembangunan dan pengembangan dari potensi desa yang ada di Desa Gentong.

Dari tematik pariwisata sudah pada tahap finishing meliputi pemasangan palang nama pariwisata yaitu "Wisata Bukit Jaban Cafe and Camping Ground", pembuatan gazebo, dan melakukan percobaan camping di bukit sebagai testimoni awal. 

Sedangkan pada tematik kewirausahaan sendiri sudah melakukan launching product dimana kegiatannya meliputi produksi, branding, dan promosi. Dari kedua tematik tersebut kelompok KKN kami juga kerap melakukan sosialiasi untuk memberikan sedikit knowledge yang bisa kami terapkan demi perkembangan dan kemajuan potensi desa yang dibangun. 

Misalnya, pada tematik pariwisata kami melakukan sosialiasi mapping mengenai seluruh potensi yang ada di Desa Gentong dimana ke depannya juga bisa ikut dikembangkan, kemudian cara mempromosikan di sosial media dan google maps. 

Sedangkan pada tematik kewirausahaan kami juga melakukan sosialiasi seperti cara pendaftaran NIB dan PIRT, mengundang dinas koperasi untuk memberikan penyuluhan, mengajarkan bagaimana cara membuat desain produk, memilih kemasan yang menari, hingga mempromosikan.

Progress dari kegiatan ini juga diketahui oleh Kepala Desa Gentong Bapak Misyono, dengan harapan kedepannya dari adanya pembangunan potensi desa ini bisa memajukan perekonomian desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan