Mohon tunggu...
Brilliand Bung
Brilliand Bung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Administrasi Bisnis

saya brilliandi bung umur 17 tahun. anak ke 3 dari 4 bersaudara. saya sangat suka bermain game online namun juga tak lupa untuk belajar. hobi saya memancing dan naik gunung. saya berkuliah di UNPAR mengambil jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Administrasi Bisnis karena saya ingin memiliki keahlian ilmu berbisnis supaya saya bisa menjadi pembisnis profesional.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

27 November 2022   17:17 Diperbarui: 27 November 2022   17:27 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo temen-temen , Perkenalkan Nama Saya Brilliandi Bung, Mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan jurusan Administrasi Bisnis Angkatan ke 2022 dan disini saya akan menceritakan proses selama mengikuti Geladi Hominisasi yang saya ikuti pada tanggal 20 November  2022.

Di awali dengan mengisi formulir pendaftaran yang berisi tentang tanggal berapa yang akan kita pilih untuk geladi tersebut. Kita harus bener bener memikirkan tanggal berapa yang akan kita pilih karena geladi tersebut lumayan memakan waktu yaitu dari jam 07:45 – 13:00 jadi harus memilih hari kosong kita. Setelah memilih tanngal selanjutnya kita akan diberikan tugas Pra Geladi yang berisi tentang menyimak lagu “Indonesia Raya” dan mencari bagian syair yang menurut kita menarik beserta dengan alasannya. Tugas berikutnya kita disuruh memilih salah satu dari film documenter yang telah disediakan dan harus menjelaskan mengapa kita memilih film tersebut. 

Saya memilih film berjudul “Melihat Kehidupan Masyarakat Kampung Naga”  karena Mereka hidup tanpa  aliran listrik yang  membuat saya bingung dan terus bertanya bagaimana bisa mereka bertahan hidup tanpa bantuan listrik di lingkungan tempat tinggal mereka. mereka mampu menjalani kehidupan sampai saat ini tanpa aliran listrik. Mereka juga tidak pernah memperdulikan system lapisan social mereka beranggapan bahwa semua insan mempunyai kedudukan yang sama. 

Setelah mengumpulkan tugas pra geladi tersebut kita akan diberikan link zoom dan beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Di Gladi Hominisasi secara tidak langsung kita diajarkan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin ,melatih public speaking, berdiskusi dengan orang yang tidak kita kenal dan sebagainya. 

Kita disuruh untuk melakukan presentasi sesuai dengan tema yang telah dibagikan dan waktu presentasi juga ditentukan oleh para panitia jadi harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin . Saya merasa penggunaan Bahasa pada saat penyampaian materi itu sangatlah penting dikarenakan jika kita menyampaikan materi dengan Bahasa yang tidak dimengerti oleh orang lain, maka penyampaian materi kita juga akan sia-sia. Setelah mempresentasikan materi ,kita menyimak presentasi dari kelompok lain juga. Hal yang bisa saya pelajari dari Gladi Hominisasi adalah melatih logika dan Bahasa dalam menyampaikan gagasan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun