Mohon tunggu...
Brillian Istana Audio
Brillian Istana Audio Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya menulis artikel ini sebagai bentuk kewajiban dan tugas saya dalam program KKN Kolaboratif Se-Kabupaten Jember tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN 83 Kolaboratif Jember: Serunya Belajar Kesehatan dan Bermain Prakarya di Gubuk Pustaka Ndalung

14 Agustus 2022   09:31 Diperbarui: 14 Agustus 2022   09:38 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN Kolaboratif 2022 merupakan konsep KKN yang diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Jember dengan mengkolaborasikan 13 Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Jember. Kelompok 83 KKN Kolaboratif mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi di Desa Ajung, Kabupaten Jember yang terdiri dari empat (4) Perguruan Tinggi, diantaranya Universitas Jember, Universitas dr Soebandi Jember, Universitas Islam Jember, dan Akademi Farmasi Jember.

Desa Ajung terdiri dari 9 dusun, diantaranya Dusun Klanceng, Krajan, Ajung Kulon, Gumuk Kerang, Ajung Wetan, Lumbung Sari, Kidul Besuk, Sumuran, dan Curah Kates yang dipimpin oleh Bapak Sri Alam.

Kegiatan pertama yang dilakukan di Gubuk Pustaka Ndalung adalah kegiatan prakarya yang dilakukan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 13.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan perkenalan anak anak dan membagi dua kelompok menjadi kelompok origami dan melukis. Kelompok origami membuat prakarya dengan kertas lipat menjadi bentuk kupu kupu dan burung. 

Origami yang sudah dibuat akan dikumpulkan menjadi satu benang lalu digantung sebagai hiasan. Sedangkan pada kelompok melukis melakukan kegiatan mewarnai botol bekas dengan cat berwarna merah putih, dan hijau. Anak anak melukis sesuai dengan keinginan dan kreativitas masing-masing seperti motif bendera merah putih, bunga, awan, tumbuhan dan abstrak.

Dokpri
Dokpri

Selanjutnya pada hari Sabtu, Agustus 2022 pukul 13.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan edukasi kesehatan yang dikemas dalam fun games, yang dibagi menjadi 4 pos dimana setiap pos akan memberi edukasi yang berbeda. 

Hal pertama yang dilakukan adalah membagi anak-anak menjadi empat kelompok, dimana setiap kelompok memiliki ketua yang bertugas memimpin barisan dan membawa bendera sebagai penanda kelompok. 

Pos 1 berisi edukasi makanan 4 sehat 5 sempurna, pos 2 edukasi jajanan sehat dan tidak sehat, pos 3 edukasi cuci tangan 7 langkah, dan pos 4 edukasi sampah organic dan non organic. Diakhir kegiatan edukasi dilakukan tanya jawab untuk mengingat materi yang sudah disampaikan dan yang bisa menjawab akan diberi reward snack dan susu kotak.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan