Mohon tunggu...
KKN UM Desa Jabung
KKN UM Desa Jabung Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Angkatan 2016

Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar mulai dari 20 Mei sampai 08 Juli 2019

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peduli Penerus Bangsa Melalui Masyarakat Kampung KB Desa Jabung, Kabupaten Blitar

22 Juni 2019   19:16 Diperbarui: 23 Juni 2019   00:55 86 0 0 Mohon Tunggu...
Peduli Penerus Bangsa Melalui Masyarakat Kampung KB Desa Jabung, Kabupaten Blitar
Pelaksanaan Kampung KB di Desa Jabung, Blitar

Desa Jabung, Kabupaten Blitar - Desa Jabung merupakan salah satu desa yang ditunjuk oleh Dinas P3AKB sebagai lokasi Penggarapan Kampung KB. Setiap bulannya setidaknya dilaksanakan pertemuan rutin guna mensukseskan program sesuai dengan tujuan didirikannya kampung KB di desa Jabung.

Kehadiran kampung KB di desa Jabung dilatar belakangi oleh beberapa hal, yaitu : (1) Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas; (2) Penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat; (3) Mengangkat dan menggairahkan kembali program KB guna menyongsong tercapainya bonus demografi yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2010 -- 2030.

Kampung KB merupakan satu dari sekian upaya Dinas P3AKB untuk mendekatkan pelayanan Program KKBPK kepada masyarakat dalam mengaktualisasikan delapan fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Untuk mengelola kampung KB perlu dibentuk Kelompok Kerja (Pokja) atau Pengurus Kampung KB yang disepakati bersama. Pembentukan Pokja atau Pengurus Kampung KB bisa dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, kemampuan, dan muatan lain yang diinginkan di wilayah masing-masing, namun tujuannya tetap mengacu pada pelaksanaan 8 fungsi kerja.

Foto Mahasiswa KKN UM Bersama Dinas P3AKB Kampung KB di Desa Jabung, Blitar
Foto Mahasiswa KKN UM Bersama Dinas P3AKB Kampung KB di Desa Jabung, Blitar

Pada pertemuan bulan ini tepatnya pada tanggal 28 Mei 2019, materi penyuluhan kampung KB membahas tentang pencegahan Stunting. BKKBN menyampaikan peyuluhan bagi orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk mengasuh dan membina tumbuh kembang balita.

Penggarapan stunting berdasarkan data 100 kabupaten dan kota prioritas untuk intervensi anak kerdil. Capaian program BKKBN untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan Keluarga Sejahtera Indonesia mengatasi permasalahan gizi ganda, yaitu kekurangan gizi seperti wasting (kurus) dan stunting (pendek pada balita), anemia pada remaja, dan ibu hamil, serta kelebihan gizi termasuk obesitas.

Mahasiswa KKN UM membantu mensukseskan kegiatan penyuluhan kampung KB yang dilaksanakan oleh Dinas P3AKB dan perangkat desa. Safira Briliana mewakili mahasiswa KKN UM di Desa Jabung memberikan pendapatnya terhadap acara ini. "Kami telah mendapatkan pengetahuan lebih mengenai kehidupan keluarga yang sehat dan sejahtera. Diharapakan kami sebagai generasi penerus dan pelurus bangsa dapat mengimplementasikan kegiatan penyuluhan mengenai stunting yang sekarang menjadi salah satu permasalahan di Indonesia."

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x