Mohon tunggu...
KKN UM Desa Jabung
KKN UM Desa Jabung Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Angkatan 2016

Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar mulai dari 20 Mei sampai 08 Juli 2019

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Kualitas Intelektual Perangkat Desa, Mahasiswa KKN UM Berikan Pelatihan Aplikasi dan Website di Desa Jabung, Kabupaten Blitar

19 Juni 2019   11:39 Diperbarui: 19 Juni 2019   16:39 119 0 0 Mohon Tunggu...
Tingkatkan Kualitas Intelektual Perangkat Desa, Mahasiswa KKN UM Berikan Pelatihan Aplikasi dan Website di Desa Jabung, Kabupaten Blitar
Mahasiswa KKN UM Berikan Pelatihan dan Pendampingan Bagi Perangkat Desa

Desa Jabung, Kabupaten Blitar - Kelompok mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) memberikan program pelatihan dan pendampingan kepada anggota perangkat desa di Desa Jabung, Kabupaten Blitar. Program pelatihan dan pendampingan yang diberikan mahasiswa KKN UM ini berupa pelatihan dan pendampingan aplikasi dan website bagi para anggota perangkat desa.

Para mahasiswa KKN UM memberikan pelatihan dan pendampingan aplikasi berupa aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dan Website Desa yang berupa sebuah Blog. Para anggota perangkat desa cukup antusias dalam megikuti program kegiatan mahasiswa KKN UM tersebut. Hal itu dikarenakan para anggota perangkat desa di Desa Jabung selama ini mempelajari aplikasi tersebut secara otodidak atau belajar secara mandiri. Sedangkan untuk website, di Desa Jabung memang belum memiliki website pribadi yang dapat dikelola sehingga kegiatan ini juga dapat sebagai sarana memperkenalkan desa di media internet.

Koordinator Desa, Hega Surya mewakili mahasiswa KKN UM di Desa Jabung menjelaskan kegiatan tersebut memang diselenggarakan dengan tujuan untuk semakin menambah ilmu kepada para perangkat desa Jabung dalam hal menggunakan aplikasi yang sering digunakan dalam mengelola dokumen dan data di desa. Sedangkan untuk website bertujuan untuk sarana dalam memperkenalkan Desa Jabung beserta dengan potensi atau kegiatan yang ada di Desa jabung ke dalam media sosial dan internet.

Bapak Iwan Agus Wijayanto selaku Kepala Desa Jabung juga memberikan tanggapan positif terhadap program kegiatan dari mahasiswa KKN UM. "Saya justru sangat senang mahasiswa KKN mau berbagi ilmu dengan para anggota perangkat desa disini melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan aplikasi dan website ini. Hal ini sangat penting karena para anggota perangkat desa belajar secara mandiri aplikasi tersebut padahal aplikasi-aplikasi tersebut sangat penting dan sering digunakan untuk kegiatan di desa. Saya berharap hasil dari program kegiatan ini dapat semakin memajukan kualitas anggota perangkat desa kami dan dapat semakin mengenalkan desa kami di masyarakat luas."

Perangkat Desa Jabung, Blitar Antusias Mengikuti Pelatihan dan Pendampingan dari Mahasiswa KKN UM
Perangkat Desa Jabung, Blitar Antusias Mengikuti Pelatihan dan Pendampingan dari Mahasiswa KKN UM

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan bertempat di kantor desa Jabung. Pada pelatihan dan pendampingan ini, para perangkat desa diberikan materi tentang dasar - dasar Microsoft Word, Microsoft Excel serta ulasan materi tentang Microsoft Power Point dan Website Blog.

Kegiatan ini dimulai dari pemberian materi aplikasi dan website dengan mempraktekkannya secara bersama-sama dan diakhiri dengan melakukan foto bersama. Di akhir pertemuan juga akan diberikan modul sederhana kepada setiap anggota perangkat desa yang berisikan materi aplikasi dan website yang telah diajarkan agar para anggota perangkat desa dapat semakin memahami materi yang diberikan.

VIDEO PILIHAN