Mohon tunggu...
Brigitta Raras
Brigitta Raras Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

80% terdiri dari caffeine

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Melihat Angga Dwimas Sasongko sebagai Sosok Auteur Indonesia

26 September 2021   19:16 Diperbarui: 26 September 2021   19:44 64 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Melihat Angga Dwimas Sasongko sebagai Sosok Auteur Indonesia
Angga Dwimas Sasongko | Foto: detik.com

Film menjadi pilihan hampir sebagian besar masyarakat untuk mengisi waktu luang mereka. Industri perfilman di Indonesia pun, kini semakin bekembang dan menawarkan film-fim yang tak kalah apik dari negara lainnya. 

Dalam penggarapan film, pastinya tak bisa lepas dari keberadaan dan peran sutradara. Indonesia pun memiliki sutradara-sutradara handal yang telah menciptakan banyak sekali film-film menarik dan apik.

Selain memiliki kemampuan dan pengaruh dalam film, terdapat pula sutradara yang dapat dikatakan seorang auteur. Sebenarnya apa itu auteur dan siapa yang dapat dikatakan seorang auteur? 

Mengenal konsep Auteur 

Kata 'auteur' berasal dari bahasa Prancis yang berarti 'author' dalam bahasa Inggris. Auteur diartikan sebagai seorang pembuat film yang memiliki kekuatan dan peranan besar dalam film. 

Dapat dikatakan sebagai seorang auteur, ketika orang tersebut menulis dan menyutradarai sendiri film serta memiliki keunikan tersendiri. 

Seluruh makna dan adegan dalam film merupakan gagasan atau cerminan yang dimiliki seorang sutradara. Makna dan adegan dalam film juga sebagai gambaran dari apa yang menjadi keunikan serta kepribadian sang sutradara.

Sarris (dalam Stam, 2000, h. 89) memaparkan tiga kriteria agar seseorang dapat disebut sebagai auteur, yakni kompetensi teknik, kepribadian yang unik dan pemaknaan film. Dapat dikatakan seorang auteur memiliki peran dominan dalam pembuatan film. 

Angga Dwimas Sasongko: Auteur Indonesia 

Angga Dwimas Sasongko | Foto: Popbela.com
Angga Dwimas Sasongko | Foto: Popbela.com

Sosok Angga Dwimas Sasongko sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Pendiri rumah produksi Visinema Pictures ini, dikenal juga sebagai salah satu sutradara terbaik asal Indonesia. 

Hal ini terlihat dari penghargaan-penghargaan yang pernah diraihnya, seperti  Piala Maya untuk Penyutradaraan Terpilih (2014) dan Piala Maya Penulisan Skenario Terpilih (2014). Tak hanya itu, Angga Sasongko juga meraih nominasi Sutradara Terbaik di ajang FFI (Festival Film Indonesia) 2010 dan nominasi Sutradara Terpuji di ajang FFB (Festival Film Bandung)  2015. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan