Mohon tunggu...
Brigitta Maharani
Brigitta Maharani Mohon Tunggu... Lainnya - Selamat datang, selamat membaca!

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pentingnya Berliterasi di Masa Pandemi

22 September 2021   09:12 Diperbarui: 22 September 2021   09:27 82 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pentingnya Berliterasi di Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan salah satu negara yang rendah dalam berliterasi. Menurut Program for International Student Asessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, maka Indonesia menempati 8 negara terendah dalam berliterasi.

Adapun pengertian dari literasi yakni kemampuan seseorang dalam membaca ataupun menulis. Literasi disini berarti bukan hanya membaca atau menulis dalam buku, banyak sekali hal dapat dikategorikan dalam literasi. Bermain media sosial dan berkaitan dengan hal kesehatan juga salah satu bentuk literasi.

Khususnya dimasa pandemi ini, Indonesia sangat butuh mengembangkan literasinya dalam hal kesehatan. Kita tau, bahwa literasi kesehatan sangat membantu masyarakat Indonesia dalam memahami tentang virus corona yang sedang meraja lela di seluruh penjuru negeri. Literasi membantu negeri ini dalam meningkatkan pemahaman dan upaya masyarakat dalam melindungi diri dari virus Covid-19 dan juga isu-isu hoax yang beredar. Seperti dalam hal vaksinasi, banyak sekali masyarakat yang masih belum mengerti pentingnya vaksinasi pada masa pandemi ini.

Literasi kesehatan juga membantu kita dalam penerapan protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, bahkan ikut kegiatan vaksinasi. Tidak ada yang salah dalam hal berliterasi, semuanya demi kemajuan generasi bangsa Indonesia. Apalagi dijaman yang serba daring ini, seharusnya makin mendorong semangat kita untuk selalu berliterasi. 

Salah satu bentuk kegiatan yang dapat mendorong literasi Indonesia untuk lebih maju ialah KKN Tematik UPI 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPI, demi memajukan literasi Indonesia. KKN gelombang 2 ini dilaksanakan dari 1 September hingga 26 September. Mahasiswa UPI dituntut untuk dapat memajukan literasi Indonesia dalam hal membaca, menulis, numerasi bahkan dalam hal sains yang disebarkan melalui sekolah-sekolah yaitu TK, SD, SMP. Setiap mahasiswa melakasanakan KKN secara daring ke sekolah terdekat dengan daerahnya masing-masing. Adapun KKN Tematik diselenggarakan juga kepada masyarakat umum yang mencakup dalam literasi digital, literasi budaya dan kewargaan serta literasi finansial. KKN Tematik 2021 ini diharapkan dapat memajukan semangat masyarakat Indonesia dalam hal berliterasi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan