Hobi Pilihan

Memiliki "Passion" Membaca Membuat Hidup Lebih Bahagia

7 Desember 2018   17:05 Diperbarui: 7 Desember 2018   17:48 200 0 1

Seringkali kita mendengar kata Passion. Lalu apa itu sebuah Passion? Mungkin sebagian orang mengatakan bahwa Passion adalah keinginan, semangat, kemauan, dan hobi. Namun bagi saya, passion itu adalah sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakukannya, dimana kita akan mengorbankan semuanya untuk mencapai itu tanpa mencerminkan untung dan rugi. Kita melakukan hal itu begitu saja dan melupakan hal yang lain.

Apa gunanya sebuah Passion? Bagi saya, itu sangat penting. Ibarat tubuh, passion menjadi jiwa yang menempati ruang di dalamnya. Tubuh tanpa jiwa akan tidak bermakna. Passion harus dicari, diperjuangkan, dan didoakan.

Ada kata-kata yang selalu saya ingat "Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar". Kemudian saya mulai mengintrospeksi diri. Kusebut kata passion berulang kali dalam doa. Selama masa itu, saya mulai belajar mengenali diri saya sendiri.

Membaca menjadi kata kunci yang muncul dalam benak saya. Ketertarikan saya pada dunia sudah ada sejak kecil. Saya mampu menghabiskan waktu berjam-jam tanpa bosan di depan layar komputer dan buku.

Jika Anda memiliki hobi membaca tentu bukan hal yang sulit untuk berimajinasi dan membuat hidup lebih  bahagia . Membaca dapat membuat pikiran Anda lebih tenang. Bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru, membaca lebih banyak buku bisa menjadi salah satu pilihan. 

Berikut beberapa cara membaca yang menyenangkan untuk membuat hidup Anda lebih bahagia.

1. Luangkan waktu

Anda bisa menyiapkan waktu khusus untuk membaca. Waktu tersebut bisa saja pagi ketika bangun tidur atau malam hari sebelum tidur. Tidak perlu lama, karena Anda tetap harus melakukan rutinitas lain, tentukanlah waktu membaca sekitar 15 - 30 menit. Lakukan ini secara konsisten dan terus-menerus sehingga menjadi kebiasaan dan membuat hidup Anda lebih  bahagia .

2. Membaca saat di perjalanan

Selain membuat perjalanan terasa menyenangkan, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk hal yang produktif seperti membaca buku.

3. Membaca saat menunggu

Saat Anda menunggu sesuatu bukalah buku Anda dan membacannya. Menunggu tidak lagi menjadi hal yang membosankan.

4. Tentukan target membaca
Anda juga harus menentukan target membaca. Berapa banyak buku yang bisa Anda selesaikan dalam satu bulan. Hal ini dapat memberikan kepuasan tersendiri.

5. Membaca hal-hal yang disukai
Membaca buku favorit membuat kita tidak bosan untuk terus-menerus membacanya. Seiring berjalannya kebiasaan membaca ini, Anda akan menemukan jenis buku seperti apa yang menjadi paling favorit.

6. Membaca berbagai jenis buku
Anda tidak harus membaca satu jenis buku saja. Lakukan variasi bacaan, selain memperluas wawasan. Hal tersebut akan lebih menyenangkan.