Mohon tunggu...
Brigita Kusuma
Brigita Kusuma Mohon Tunggu... Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswi yang ingin lulus tepat waktu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Singapura, si Kecil Cabe Rawit

23 Juni 2021   10:35 Diperbarui: 23 Juni 2021   12:06 78 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Singapura, si Kecil Cabe Rawit
Marina Bay saat malam hari. Source: ardyasia.com

Singapura? Yaps negara dengan luas wilayah yang terbilang mungil ini tidak bisa dianggap remeh. Dengan luas hanya 728,3 km dan dihuni oleh 5.895.698 juta jiwa manusia Singapura sukses bersaing dengan negara maju lain di Dunia walaupun negeri ini tak kaya akan Sumber Daya Alam (SDA).

Apakah kalian tahu dari manakah asal kata "Singapura"? Singapura berasal dari bahasa Sansekerta yaitu simha yang berarti singa dan pura yang berati kota. Walaupun tak sebanyak Indonesia, Singapura kaya akan keragaman budaya dan etnis, misalnya seperti China, Melayu, dan India.

Letak

Negara yang dijuluki Negeri Singa ini terletak di lepas pantai Semenanjung Malaya, 137 km di utara khatulistiwa Asia Tenggara. Secara astronomis, negara ini berada di antara 115' LU -- 130' LU dan 10338'BT -- 1045' BT. 

Landmark

Tentu kalian sudah tidak asing bukan dengan Patung Merlion? Patung ikan berkepala singa sebagai landmark Singapura ini ternyata terinspirasi dari legenda makhluk yang disebut sebagai Merlion. Konon katanya Merlion menyelamatkan penduduk Temasek dari badai dahsyat menggunakan sinar yang terpancar dari kedua bola matanya. Namun, setelah badai berhenti makhluk berkepala singa dan berbadan ikan itu tiba-tiba menghilang.

Merlion Park. Source: mahatour.id
Merlion Park. Source: mahatour.id

Patung Merlion setinggi 8,6 meter dan berbobot 70 ton itu didesain oleh Mr. Fraser Bruner yaitu seorang kurator dari Akuarium Van Kleef dan didirikan oleh seniman bernama Lim Nang Seng pada 25 September 1972.

Patung yang menjadi ciri khas Negeri Singa ini tidak hanya satu, melainkan tujuh. Patung  Merlion memiliki tinggi yang bermacam-macam, patung tertingginya terdapat di kawasan Sentosa. Namun sangat disayangkan patung setinggi 37 meter ini akan diruntuhkan. Alasan dibalik peruntuhan Patung Merlion Sentosa ialah lokasi berdirinya patung akan dibangun jalan raya yang nantinya akan menghubungkan pantai selatan dan utara kawasan tersebut.

Keunikan The Lion City

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN