Edukasi

Ayo Mengenal Sejarah dan Perkembangan Internet

15 September 2018   05:21 Diperbarui: 15 September 2018   11:38 154 0 0
Ayo Mengenal Sejarah dan Perkembangan Internet
sejarah internet/brigita ayu

Keberadaan internet sekarang ini menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak pekerjaan yang membutuhkan internet atau berbasis internet dalam pengerjaannya. Berbicara soal internet maka tidak lepas juga dari sejarah adanya internet. Berikut ini adalah sejarah dan perkembangan dari internet.

Terbentuknya ARPANET

Pada tahun 1969 internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui lembaga ARPA ( Adavanced Research Project Agency ) proyek ARPANET.

TCP/IP

Tahun 1970 Vinton Cerf mengembangkan metode yang dinamakan Transmission Control Protocol atau TP, yang kemudian ia tambahkan Internet Protocol di akhirnya (TCP/IP), waktu itu lebih dari  10 komputer berhasil dihubungkan satu sama lain untuk berkomunikasi.

Network Working Group

Tahun 1972 Network Working Group dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer serta membuat standar-standar untuk jaringan komputer.

MILNET & ARPANET

Pada tahun 1984 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membagi proyek ARPANET menjadi  bagian , yaitu MILNET (Military Network) digunakan khusus untuk kepentingan militer, dan ARPANET untuk layanan bagi kepentingan non militer.

World Wide Web

Tahun 1990-an surat kabar Amerika Utara mulai menggunakan sistem internet sebagai bagian jurnalisme di World Wide Web.

     Berkaitan dengan internet yang sekarang ini semakin maju, maka kita juga akan membahas mengenai media online yang merupakan saluran atau jaringan komunikasi yang tersaji secara online di situs website internet. Disini juga akan membahasan mengenai sejarah dan perkembangan media online didunia maupun di Indonesia.

media online dunia/ brigita ayu
media online dunia/ brigita ayu

Media Online

Pertengahan tahun 1990-an booming media online.

Chicago Online

Mei 1992 peluncuran Chicago Online koran pertama di Amerika Online diluncurkan Chichago Tribune di AS.

Media Mainstream

Tahun 2000 media-media mainstream sudah mulai terlibat bergabung dengan media online.

Database AS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3