Mohon tunggu...
briggita christie
briggita christie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi STIE Trisakti / 201950114

Halo Semua 🙋🏻‍♀️

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Rahasia Kerja Sama Tim yang Efektif

5 Agustus 2021   15:46 Diperbarui: 5 Agustus 2021   15:54 62 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rahasia Kerja Sama Tim yang Efektif
Ilustrasi Teamwork | Sumber : https://www.freepik.com/

Memiliki tim yang efektif adalah dasar dari setiap organisasi yang sukses. Perusahaan tanpa tim yang bekerja sama dengan baik sering kali kesulitan dan mengalami banyak sekali kendala, sementara tim yang efektif membantu meningkatkan kualitas, memfasilitasi penyelesaian proyek, dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Agar perusahaan dapat bekerja pada tingkat yang optimal, seorang pemimpin wajib mengembangkan tim di mana setiap anggota membawa bakat dan keterampilannya, yang berkontribusi pada kesuksesan grup secara keseluruhan. 

"Kerja sama sebuah tim merupakan suatu kemampuan bekerja secara bersama demi meraih visi yang telah ditetapkan. Kemampuan mengarahkan prestasi individu kepada tujuan perusahaan. Hal inilah yang menjadi bahan bakar untuk mencapai hasil yang luar biasa." - Andrew Carnegie

Tujuan dari menjadi tim yang efektif adalah untuk memiliki ketergantungan, kepercayaan, dan tujuan bersama. Tetapi bagaimana cara nya untuk memimpin sebuah tim untuk menjadi tim yang efektif? Menurut studi, sebuah tim yang memiliki kerja sama yang baik dan efektif harus menguasai 5 kompetensi dasar yang akan membantu untuk membuat tim dapat menjadi lebih kompak dan dapat bekerja sama dengan lebih baik lagi. Berikut adalah 5 kompetensi dasar yang wajib di terapkan untuk menjadi tim yang efektif

Menetapkan Tujuan dan Manajemen Kinerja

Menetapkan tujuan adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk memotivasi dan menantang karyawan atau organisasi. Ini merupakan salah satu kunci penting dalam manajemen kinerja karena merupakan instrumen untuk mengukur kinerja pada tujuan/sasaran yang telah ditetapkan. Anggota tim harus memiliki kemampuan untuk menetapkan dan melaksanakan tujuan tim yang spesifik dan menantang, serta cara untuk memantau dan mengevaluasi kinerja untuk mencapai tujuan.

Perencanaan dan Koordinasi

Kemampuan untuk merencanakan dan mengkoordinasikan merupakan penentu penting dari efektivitas tim. Anggota harus secara ketat mengkoordinasikan dan menyinkronkan kegiatan, informasi, dan sumber daya untuk mencapai tujuan. Koordinasi penting untuk perencanaan karena memulai setiap fungsi manajemen dan menjadikannya solid dan efektif yang melayani tujuan organisasi. Ini menciptakan keselarasan di antara upaya individu untuk mencapai tujuan organisasi.

Pemecahan Masalah Kolaboratif
Pemecahan masalah kolaboratif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pemecahan masalah individu. Di sinilah tenaga kerja dapat dibagi di antara anggota tim. Berbagai pengetahuan, perspektif dan pengalaman dapat diterapkan untuk mencoba memecahkan masalah. Anggota tim dapat saling merangsang yang mengarah pada peningkatan kreativitas dan kualitas yang lebih tinggi. Anggota tim harus mampu mengenali ketika suatu masalah membutuhkan partisipasi kelompok dan kemudian secara tepat melibatkan anggota tim dalam mencari alternatif dan merancang solusi.

Komunikasi
Komunikasi tim adalah dasar dari kolaborasi tim. Untuk bekerja sama, kita harus berkomunikasi. Untuk bekerja sama dengan baik, kita harus memastikan bahwa komunikasi tim kita sangat baik. Anggota tim yang mengerjakan pekerjaan individu terkadang dapat bertahan dengan keterampilan komunikasi yang buruk, tetapi roda kerja tim terus bergulir hanya dengan komunikasi yang baik. Anggota mengungkapkan pikiran mereka, mengajukan pertanyaan, mencari dan memberikan umpan balik, dan membuat presentasi yang terampil.

Resolusi Konflik
Penyelesaian konflik adalah cara bagi dua pihak atau lebih untuk menemukan solusi damai atas ketidaksepakatan di antara mereka. Ketidaksepakatan mungkin bersifat pribadi, finansial, politik, atau emosional. Ketika perselisihan muncul, seringkali tindakan terbaik adalah negosiasi untuk menyelesaikan perselisihan tersebut. Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, tim perlu mengetahui cara mengelola dan menyelesaikan perselisihan secara efektif. Bahkan dalam tim yang paling kompak pun, konflik pasti akan muncul.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan