Mohon tunggu...
Briantama Afiq Ashari
Briantama Afiq Ashari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Kennis n Daad

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Takut Nilai Ujian Tidak Sesuai Harapan? Begini 7 Strategi Menghadapinya

18 November 2022   16:10 Diperbarui: 22 November 2022   02:21 906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ujian (Sumber: shutterstock)

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Desember, bulan yang dinanti-nanti para pelajar/mahasiswa karena momen liburan akhir semester. 

Bagi pelajar/mahasiswa perantau, tentu bulan Desember bisa menjadi ajang untuk melepas kerinduan kampung halaman. Namun, sebelum kamu merayakan liburan akhir semester, tentu ada hal yang siap-siap bikin kamu dag dig dug, apa itu? Apalagi kalau bukan Ujian Akhir Semester. 

Bagi sebagian orang, Ujian Akhir Semester adalah momok paling menakutkan. Bagaimana tidak, ilmu satu semester, reputasi, hingga nilaimu dipertaruhkan di Ujian ini. 

Kalau enggak disiapkan secara matang-matang ya bakal bikin liburanmu enggak tenang karena memikirkan nilai yang jauh dari harapan, semoga tidak ya. 

Kamu pasti enggak mau momen liburan yang harusnya seru dan asik justru terganggu karena kamu masih kepikiran nilai Ujian Akhir Semester, benar bukan?

Oleh karena itu, perlu persiapan matang agar nilaimu bisa bikin orang tua bangga. Jadi, enggak perlu khawatir atau takut lagi ketika orang tua bertanya, "Gimana nilai UAS-nya?  

Lantas, bagaimana tips dan strategi menyiapkan ujian ini? Simak baik-baik artikel di bawah ini, ya!

Jangan Menerapkan Sistem Kebut Semalam

Hayo, siapa di sini yang suka belajar dengan menerapkan sistem kebut semalam? Ada beberapa alasan memakai sistem ini, seperti waktu yang tidak cukup hingga malas, hehe. Pastikan kamu tidak lagi menerapkan sistem ini dalam belajar, ya! Karena justru akan membuatmu cepat burnout dan lelah. 

Jika sudah begini, materi yang dipelajari dari semalam dengan penuh perjuangan tidak akan masuk ke otak. Akibatnya, performa kamu pada esok harinya bakalan turun dan enggak maksimal. Atur istirahat, makan teratur, dan pola tidur yang cukup untuk menjaga performa kamu dalam mengerjakan ujian. 

Atur Manajemen Waktu

Untuk menghindari Sistem Kebut Semalam, tentu kamu harus pandai dalam mengatur dan memanajemen waktu. Prioritaskan dan pelajari materi-materi yang kamu anggap sulit dari sekarang, jangan ditunda-tunda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun