Mohon tunggu...
Brian Rivan Assa
Brian Rivan Assa Mohon Tunggu... Jesus disciple | Blessed to be a bessing | Simple person | Elementary School Teacher | Job 42:2

My life is determined by what God says, not what humans say

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Wonderful Indonesia, Tempat bagi Semua Orang untuk Menikmati "World of Wonderful"

13 Maret 2021   16:38 Diperbarui: 13 Maret 2021   16:55 99 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wonderful Indonesia, Tempat bagi Semua Orang untuk Menikmati "World of Wonderful"
Gunung Bromo - negeri di atas awan | Fotografer: Ho sung Zacho 

Di negara yang terkenal memiliki 4 musim seperti Eropa dan Amerika, ketika memasuki bulan Desember, orang-orang sudah harus bersiap beralih dari musim gugur dan menyambut datangnya musim salju, dimana suhu bisa mencapai minus 40 derajat celsius. 

Itu adalah saat dimana tumbuh-tumbuhan mati, kecuali pohon cemara. Itu adalah saat dimana darah bisa berhenti (membeku) hanya karena Anda keluar rumah tanpa pakaian khusus.

Musim salju adalah ketika manusia bertahan hidup dan beraktivitas yang mungkin untuk dilakukan, tanpa bisa berjalan jika tak ada bantuan peralatan dan teknologi. Juga, ada satu saat di mana salju akan menjadi badai. Badai salju. Terbanyang kan apa yang akan terjadi? Jika masih ingin hidup, maka jangan keluar rumah, sambil tetap berada dekat dengan ruangan berpemanas.

Lain Eropa, lain pula Timur Tengah yang terkenal dengan cuaca ekstrim padang gurun. Menurut Wikipedia, iklim gurun cenderung cerah dan kering sepanjang tahun. Iklim seperti ini selain terdapat di Timur Tengah, juga ditemukan di wilayah Afrika Utara, bagian barat laut india, dan banyak lagi negara lain.
Tercatat suhu rata-ratanya di atas 43-46 derajat celcius. Dan yang terekstrim dapat mencapat 56,7 derajat celcius. Gak kebanyak sih, akan jadi seperti apa saya ini kalau berada di tengah gurun.

Hanya ada beberapa jenis pohon yang bisa hidup dalam suhu di atas 40 derajat celcius. Keringat saya saja bisa langsung menguap bersama cairan tubuh saya. Dan keberadaan air adalah persolan hidup dan mati.

Saya sungguh tidak mengerti ketika masih ada orang yang masih tidak bersyukur bisa hidup dan menikmati alam Indonesia.

Di saat orang Eropa dan Amerika seperti terasing dengan dunia luar, kita masih tertawa hangat dengan keluarga dan sahabat karena masih bisa melihat dan merasakan hangatnya sinar matahari.

Siapa yang berani bercelana pendek, pakai kaos dan sandal jepit lalu jalan-jalan di Amerika saat musim salju, atau jalan-jalan di padang gurun saat siang lagi terik-teriknya, bakal tahu sendiri resikonya.

Di sini, di negaramu, kapan saja, mau siang mau malam, Anda bisa jalan-jalan. Kaosan tanpa alas kaki. Mau hujan mau panas, gak urusan. Dijamin aman.

Di Eropa dan Amerika, buah-buahan yang akan Anda temukan paling banter Apel, anggur, sunkist, atau pear. Di Timur Tengah paling ketemunya kurma, kismis, kacang arab, atau buah zaitun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN