Mohon tunggu...
Brian Rivan Assa
Brian Rivan Assa Mohon Tunggu... Jesus disciple | Simple person | Elementary School Teacher | Job 42:2

Hidupku DITENTUKAN oleh apa kata Tuhan, BUKAN apa kata manusia

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Salahkah Terlahir sebagai Seorang Introvert?

22 Oktober 2020   09:02 Diperbarui: 28 Oktober 2020   14:37 86 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salahkah Terlahir sebagai Seorang Introvert?
ilustrasi/sumber: suara.com

"Kamu harus lebih banyak bergaul, bersosialisasi dengan banyak orang", "jangan membangga-banggakan ke-introvert-anmu itu". Ucap seseorang kepada saya. Saya hanya terdiam lalu berkata dalam hati: "saya bukan orang yang anti sosial loh. 

Saya bukannya tidak bisa bersosialisasi atau bertemu orang, buktinya pekerjaan saya sebagai guru mengharuskan saya untuk bersosialisasi, baik dengan guru-guru, staff,  anak-anak didik, bahkan dengan orang tua murid. Saya hanya akan merasa capek aja karena energi saya banyak terkuras. itu aja".

Judgement sosial yang sering diterima oleh orang-orang dengan ciri kepribadian introvert telah membuat banyak orang menjadi salah paham, salah paradigma tentang orang introvert. Sebagai contoh: katanya orang introvert itu gangguan, aneh, egois, penyakit, pemalu, sombong, anti sosial, sesuatu yang rusak, sehingga harus diperbaiki. 

Hey... Teori dari mana itu?

Mengingat kehidupan didominasi oleh orang-orang ekstrovert, menganggap orang introvert aneh terkesan wajar.

Ekstrovert terlihat normal karena mereka memang “menonjol” di pergaulan.
Sementara introvert kan enggak menonjol karena jarang menginisiasi pembicaraan. Mereka lebih banyak mikir dari pada ngomong. Makanya, introvert kelihatan aneh.

Sama seperti saya, orang yang terlahir sebagai introvert bukan karena kami yang memilihnya loh... Itu terjadi dengan sendirinya.

Being introverted person is not my choice, it's natural.

Hanya karena saya cenderung pendiam, jarang dalam menginisasi percakapan, tidak menyapa lebih dulu, tidak sedikit orang yang menjudge saya sebagai orang yang sombong, egois, tidak ramah, cuek, tidak mau bergaul, bla...bla...bla. 

Perlu saya tekankan lagi, introvert bukanlah orang yang anti-sosial! 

Saya bisa dan mau kok melakukan interaksi dengan orang lain, hanya saja memiliki batasan; sebanyak apa dan selama apa saya ingin berinteraksi. Saya tidak bisa ada dalam waktu yg lama di tempat yg ramai karena akan menguras energi saya dalam jumlah yang banyak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN