Mohon tunggu...
Aditya Brian Nugraha
Aditya Brian Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Program Studi Ilmu Komunikasi 2018

Keep trying!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komunikasi Visual sebagai Salah Satu Jenis Penyampaian Pesan

25 Juli 2021   23:40 Diperbarui: 26 Juli 2021   01:18 119 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunikasi Visual sebagai Salah Satu Jenis Penyampaian Pesan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam era modern seperti saat ini orang banyak menggunakan media sebagai wadah untuk menyalurkan informasi bahkan berpromosi. Media yang telah berkembang pesat seperti saat ini sangat memudahkan masyarakat untuk menggali informasi dan juga mempermudahkan apa yang sedang mereka cari. Pada era modern saat ini media sudah berupa informasi elektronik, dengan visual yang mudah menjelaskan informasi di dalamnya. Media memberikan dampak baik melalui penyaluran informasinya disandingkan dengan visual yang mereka berikan. Hal ini menjelaskan dapat terjadinya komunikasi melalui visual yang dapat menyampaikan pesan terhadap masyarakat dengan hanya berupa visual. Maka dari itu visual dapat dikategorikan sebagai media komunikasi yang baik, yang dapat menjelaskan dan memberikan penjelasan secara jelas.

Pada kali ini penulis akan menginformasikan sebuah metode komunikasi melalui visual yang sering kita lihat sehari-hari. Dapat dijelaskan menurut Carl.I.Hovland komunikasi ialah proses dimana seseorang menyalurkan signal kepada orang lain dengan berupa simbol-simbol maupun kata-kata.

Sedangkan menurut Shannon dan Weaver komunikasi didefinisikan sebagai bentuk interaksi antar individu yang saling memberikan pengaruh mempengaruhi satu sama lain, dengan sengaja maupun tidak sengaja. Dengan bentuk komunikasi yang tidak terbatas yang dapat melalui verbal, tingkah laku, bahkan ekspresi wajah, seni, lukisan, hingga teknologi.

Dari beberapa ahli mengenai komunikasi dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah sebuah bentuk interaksi yang digunakan manusia sehari-hari dalam menyampaikan pesan yang dapat berbentuk verbal maupun berbentuk tingkat laku, yang mana komunikasi selalu melibatkan dua atau lebih manusia dalam penyampaian pesan tersebut terjadi. Dalam terjadinya komunikasi dapat dikategorikan terhadap seseorang yang menyampaikan pesan disebut komunikator, sedangkan orang yang menerima pesan disebut komunikan.

Dapat diketahui bahwa komunikasi memiliki jangkauan yang luas dalam proses penyampaian pesannya, maka dari itu berarti komunikasi  dapat juga berbentuk melalui visual. Komunikasi visual dapat terjadi ketika perindividu melakukan kontak mata yang dijadikan alat penerima pesan terhadap visual yang sedang dilihat. Komunikasi visual berarti komunikasi yang mengandalkan proses penyampaian pesan hanya melalui visual, yang mana unsur dasar bahasa visual ialah segala sesuatu yang dapat dirangsang melalui pengelihatan dengan penyampaian pesan, atau makna yang digambarkan.

Sebagai contoh dalam bentuk penyampaian pesan melalui komunikasi visual yang dapat dilihat sehari-sehari, yaitu iklan GOJEK dibaliho jalanan, iklan promosi di gadget anda yang berisikan ajakan minat beli, bahkan tayangan sebuah acara yang dapat disampaikan maknanya hanya melalui visual gambar maupun gerakan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN