Mohon tunggu...
Brenda Charlottha
Brenda Charlottha Mohon Tunggu... Lainnya - Tourism Student

Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang masih belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ayo Vaksin!

7 Juli 2021   19:19 Diperbarui: 7 Juli 2021   19:27 116 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Vaksin!
Source: Orami.co.id

Tanggal 20 Juni kemarin, saya cukup beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk divaksin. Mulanya, saya tidak ingin menerima vaksin karena banyak sekali orang-orang di sekitar saya yang menyebarkan informasi yang menyeramkan mengenai hal tersebut. Walau saya sempat merasa takut, pada akhirnya saya memutuskan untuk tetap divaksin, penyebaran Covid-19 yang begitu cepat lebih menyeramkan dari berita-berita tersebut.

Ibu saya mendaftarkan saya pada program Let's Vaccine Jakarta yang diselenggarakan oleh Mall Taman Anggrek di Jakarta Barat. Memang bukan saya yang mendaftarkan diri saya sendiri, tapi Ibu saya bercerita bahwa proses pendaftarannya cukup susah karena harus bersaing dengan pendaftar lainnya.

Minggu tanggal 20 Juni, saya datang ke Mall Taman Anggrek untuk divaksin. Saya sempat kaget karena langsung dapat melihat banyaknya orang yang berbaris untuk mendaftar vaksin ketika saya masuk ke dalam area mall. Saya sempat kesal karena berpikir harus mengantri begitu lama untuk mendapatkan vaksin, ternyata saya tidak perlu mengantri lagi karena sebelumnya telah mendaftarkan diri melalui website resmi Let's Vaccine Jakarta.

Petugas keamanan mengarahkan saya ke tempat lainnya untuk mengisi beberapa data diri; nama lengkap, alamat, nomor telepon dan sebagainya. Kemudian, saya diberikan nomor urut dan harus menunggu hingga nomor saya dipanggil untuk pemeriksaan data. Saat itu, walau suasana cukup ramai, protokol kesehatan tetap berjalan dengan baik, jarak antara satu kursi dengan kursi lainnya sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Tidak begitu lama sampai nomor saya dipanggil, pada tahap ini, saya hanya harus memberikan data diri yang sebelumnya telah diminta. Ingat, pastikan nomor telepon yang Anda tulis sudah benar, karena sertifikat vaksin nantinya akan dikirimkan ke nomor tersebut. Setelah data diri saya selesai diperiksa, petugas mengarahkan saya untuk pergi ke lantai empat untuk melakukan pemeriksaan dasar sebelum mendapatkan vaksin.

Petugas memeriksa suhu badan saya dan juga memastikan bahwa tekanan darah saya normal, setelah itu saya diarahkan menuju tahapan selanjutnya. Seorang dokter meminta saya untuk membaca persyaratan penerima vaksin, beberapa hal yang perlu saya perhatikan serta apa yang harus saya lakukan setelah divaksin. Saya mendapatkan penjelasan yang sangat lengkap dan mudah dipahami, dokter memastikan bahwa saya telah mengerti sebelum membiarkan saya pergi.

Setelah melalui beberapa proses tersebut, akhirnya saya mendapatkan vaksin AstraZeneca, saya merasa lebih aman karena telah divaksin. Sesuai dengan apa yang dokter tadi sarankan, saya langsung mengambil panadol setelah vaksin untuk mengurangi kemungkinan sakit kepala.

Saya mengira bahwa sertifikat vaksin saya tidak akan lansgung keluar, namun ternyata sore setelah saya divaksin, sertifikat tersebut telah dikirimkan ke nomor saya. Pengalaman saya mengikuti Let's Vaccine Jakarta cukup menyenangkan, pelayanannya sungguh efektif dan baik, prosesnya juga dapat dikatakan mudah dan cepat, mengingat saya hanya perlu mendaftarkan diri pada website.

Walau telah mengikuti saran dari dokter sebelumnya, ternyata malam hari setelah mendapatkan vaksin, saya tetap merasa kurang enak badan. Untungnya saya hanya mengalami sakit kepala, setelah istirahat selama dua hari, saya merasa jauh lebih baik.

Ayo, cepat daftar vaksin untuk mengurangi penyebaran Covid-19!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x