Mohon tunggu...
Brenda Charlottha
Brenda Charlottha Mohon Tunggu... Tourism Student

Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang masih belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Muncul dari Rasa Sakit Hati dan Keinginan Balas Dendam

2 Juni 2021   16:22 Diperbarui: 2 Juni 2021   16:28 115 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Muncul dari Rasa Sakit Hati dan Keinginan Balas Dendam
Source: Pomaka.com

Climb; go or come up (a slope, incline, or staircase), especially by using the feet and sometimes the hands; ascend. Ketika saya masih menggunakan seragam berwarna merah putih ke sekolah, saya tidak mengetahui arti dari kata yang saya tuliskan sebelumnya, climb. Guru bahasa Inggris yang dikenal menyeramkan itu kemudian menghukum saya karena tidak mengetahui terjemahan tersebut, beliau melarang saya untuk makan siang.

Saat itu, saya belum benar-benar tertarik dengan bahasa asing, saya juga tidak belajar dengan sungguh-sungguh untuk dapat memahami pelajaran bahasa. Hukuman yang diberikan oleh beliau membuat saya merasa malu dan kesal karena tidak dapat keluar untuk makan siang dan bermain dengan teman-teman saya di kelas sebelah.

Perasaan-perasaan tidak menyenangkan tersebut yang kemudian mendorong saya untuk belajar dengan serius dan sungguh-sungguh. Hingga pada akhirnya, saya dapat dengan bangga mengatakan bahwa saya menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kemampuan tersebut muncul dari rasa sakit hati dan keinginan untuk balas dendam, keinginan untuk memperlihatkan kepada mereka yang dulu tertawa bahwa saya dapat menguasainya jika saya mencoba.

Saya rasa, jika Anda ingin belajar bahasa Inggris, Anda harus mencari sebuah pendorong tertentu. Tidak perlu pusing mencari dorongan positif, buktinya, dorongan negatif juga dapat membantu saya untuk mendapatkan keinginan saya. Kemudian, cara selanjutnya adalah mencari media terbaik yang dapat diterima dengan mudah oleh Anda.

Saya membaca banyak buku yang menggunakan bahasa Inggris, bermain game tanpa terjemahan, dan menonton film dengan subtitle bahasa Inggris. Bagi saya, tiga media tersebut dapat diterima dengan baik. Ketika saya pertama kali bermain The Sims, saya merasa bingung karena ada banyak sekali kata-kata dalam bahasa Inggris yang tidak saya ketahui artinya, hal-hal sederhana seperti; menyapu, genangan air, nama-nama perabotan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Kemudian, agar dapat bermain dengan baik, mau tidak mau saya harus mencari terjemahan dari setiap kata yang terdengar asing bagi saya, sehingga secara tidak sadar, bahasa Inggris saya juga semakin berkembang. Hal tersebut juga berlaku ketika saya membaca buku dan membaca subtitle.

Kegiatan lain yang saya lakukan untuk menambah kemampuan bahasa Inggris adalah dengan menulis menggunakan bahasa tersebut. Tidak perlu menulis sesuatu yang susah, mulai saja dari buku harian, cerita pendek, status media sosial dan sebagainya. Tanpa kita sadari, menulis membantu kita untuk lebih cepat mengingat kata-kata yang kita pelajari.

Intinya, untuk dapat belajar bahasa Inggris, kita harus memiliki keinginan untuk belajar terlebih dahulu. Jika tidak ada keinginan, maka kita tidak akan bisa belajar dengan nyaman, dan jika kita tidak dapat belajar dengan nyaman, maka kita akan kesulitan dalam prosesnya.

VIDEO PILIHAN