Mohon tunggu...
Brenda Charlottha
Brenda Charlottha Mohon Tunggu... Tourism Student

Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang masih belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kerja, Kerja, Kerja, Tipes!

31 Mei 2021   23:59 Diperbarui: 1 Juni 2021   00:25 763 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerja, Kerja, Kerja, Tipes!
Source: Minutes.co

Bicara dari pengalaman dan apa yang saya dengar dari teman-teman di sekitar saya, rasanya cukup sulit untuk mencari tempat kerja yang sehat dan dapat membuat kita nyaman, eksploitasi dan beban kerja yang menumpuk susah untuk dihindari sepenuhnya.

Berdasarkan kisah-kisah yang saya dengar, saya jadi merasa bahwa sebenarnya tempat kerja itu semuanya berat! Banyak dari teman saya yang merasa kurang puas dengan lingkungan kerjanya, mulai dari sistem kerja, lingkungan pertemanan di kantor, jam kerja yang nampak tidak waras karena lebih dari delapan jam dalam satu hari, hingga bayaran yang dirasa kurang dari beban kerja yang diberikan.

Saya sendiri pernah mengalami berbagai macam kejadian yang kurang enak di tempat kerja saya sebelumnya; rekan kerja yang senang sekali membicarakan orang, menjadi sasaran kritik, selalu disalahkan oleh atasan, tidak memiliki tempat bercerita dan merasa bahwa saya tidak memiliki kehidupan lain di luar kantor karena ketika saya pulang, matahari bahkan sudah tidak terlihat.

Saya merasa bahwa sebenarnya semua hal tersebut dapat saya atasi semisal saya memiliki tempat untuk bercerita waktu itu, atau seseorang yang dapat membuat saya nyaman ketika bekerja.

Mungkin hal ini berbeda, tapi ketika saya menjalani organisasi mahasiswa di kampus, saya dapat menjalankan pekerjaan keras saya dengan senang karena saya merasa nyaman dengan orang-orang di sekitar saya, sehingga walau saya merasa lelah, saya tetap merasa senang.

Sementara itu, ketika berada di organisasi lainnya yang tidak mengharuskan saya untuk bekerja dengan keras, saya merasa kurang nyaman karena tidak dekat dengan anggota-anggota yang ada, berbeda dengan organisasi saya sebelumnya.

Sehingga, saya rasa tingkat kenyamanan seseorang di sebuah organisasi atau industri dapat benar-benar dipengaruhi oleh orang-orang yang berada di sekitarnya, ketika kita merasa nyaman dengan rekan kerja kita, maka kita pasti dapat melalui beban kerja yang ada walau hanya sedikit saja, setidaknya.

Saat bekerja di lingkungan sosial pekerjaan yang tidak baik, saya rasa kita harus menerapkan sistem bodo amat, anggap saja semua yang terjadi di dalam kantor haya sebuah wild fever dream.

Tidak usah peduli dengan orang-orang yang mengaku menjadi rekan kerja Anda tapi masih saja membicarakan Anda di belakang tanpa diketahui. Kita harus dapat mengabaikan omongan-omongan mereka agar dapat bekerja dengan nyaman dan tanpa gangguan berarti.

Namun, selalu ingat untuk istirahat ketika sudah waktunya, karena pada dasarnya tidak ada gunanya bekerja hingga kita sakit dan lelah sampai rasanya ingin pingsan saja.

Selalu utamakan Kesehatan diri sendiri dibandingkan dengan pekerjaan yang terlalu menumpuk! Ingat, kita tidak tergantikan bagi keluarga kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x