Mohon tunggu...
Brenda Charlottha
Brenda Charlottha Mohon Tunggu... Tourism Student

Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang masih belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Apa Kita Semua Meninggal Saat Umur 30 Tahun?

3 Mei 2021   09:41 Diperbarui: 3 Mei 2021   10:17 34 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Kita Semua Meninggal Saat Umur 30 Tahun?
Source: Anthill Online

Sebelum mencapai umur 30 tahun, saya harus sudah punya pendapatan yang besar, harus sudah menikah, harus sudah punya rumah dan mobil sendiri, pokoknya harus sudah sukses! 

Saya sering sekali mendengar banyak orang bicara begitu, bahkan saya juga pernah berpikir demikian. Namun sekarang, saya jadi bertanya-tanya, apa kita semua akan meninggal saat umur 30 tahun? Kenapa semuanya sangat terburu-buru sekali? Banyak orang yang langsung tertekan dan merasa bahwa mereka telah gagal menjalani hidup hanya karena tidak mencapai kesuksesan pada umur 30 tahun, padahal hidup kita tidak akan berhenti di usia tersebut.

Saya telah mengalami banyak sekali kegagalan dalam hidup, rasanya terlalu banyak sampai tidak bisa saya hitung Kembali. Bayangan-bayangan kegagalan tersebut terus mengikuti dan membuat saya sangat tertekan, saya menyalahkan diri sendiri karena tidak bisa langsung sukses dalam satu kali coba. Ah, ternyata saya tidak cukup hebat. Ah, ternyata saya tidak cukup pintar. Ah, ternyata kemampuan saya hanya sampai sini saja. Kalimat-kalimat tersebut selalu datang menghantui setiap kali saya bertemu dengan kegagalan.

Sampai akhirnya saya sadar bahwa selama ini saya menekan diri sendiri demi mengikuti timeline milik orang lain. Saya sendiri tidak paham kenapa saya melakukan hal tersebut ketika semua orang mempunyai timeline masing-masing. Kita tidak harus memaksa diri sendiri untuk berlari mengikuti garis hidup orang lain, tidak ada salahnya mencapai hidup sukses di usia 40 tahun, 50 tahun, bahkan mungkin 90 tahun.

Bahkan, jika dipikir lagi, sebenarnya apa itu sukses? Apa definisi dari sukses? Apakah hidup kaya raya dan memiliki banyak mobil dapat disebut dengan hidup yang sukses? Bagaimana kalau kesuksesan dalam kamus hidup saya memiliki definisi hidup dengan bahagia? Semua orang memiliki definisi sukses yang berbeda, hanya karena seseorang tidak hidup dengan standar yang kita miliki, bukan berarti mereka tidak sukses atau gagal dalam hidup.

Saya rasa, tidak ada orang yang mengira hidupnya akan biasa-biasa saja, semuanya merasa bahwa mereka akan menjadi sesuatu atau seseorang yang lebih besar; mungkin kita merasa akan menjadi that one person, seorang tokoh utama dalam sebuah cerita. Sehingga ketika kenyataan datang dan kehidupan biasa-biasa saja itu muncul, kita merasa terkejut karena ini bukan kehidupan yang kita inginkan.

Kita hanya harus berpikir bahwa walau hidup kita sangat biasa-biasa saja, kita tetap tokoh utamanya, anggap saja genre hidup yang sedang kita jalani ini adalah genre slice of life. Ingat bagaimana pahlawan super dalam film selalu gagal sebelum akhirnya mengalahkan musuh kuatnya? Kegagalan hanya bagian kecil dari kisah kehidupan kita, agar ceritanya tidak membosankan.

VIDEO PILIHAN