Mohon tunggu...
Breef Studio
Breef Studio Mohon Tunggu... Informasi seputar website development dan perkembangan teknologi

Jasa pembuatan website perusahaan dan toko online profesional dengan web design yang efektif untuk bisnis Anda. Kami pastikan Anda 100% puas!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tingkatkan Kecepatan Loading Website dengan Cara Ini

15 Januari 2020   17:29 Diperbarui: 15 Januari 2020   17:34 6 0 0 Mohon Tunggu...
Tingkatkan Kecepatan Loading Website dengan Cara Ini
olahan pribadi

Kecepatan loading website merupakan sesuatu yang kadang sering diremehkan oleh banyak pengembang. Padahal kecepatan loading jadi salah satu hal yang memengaruhi keinginan pengunjung untuk melanjutkan menjelajah website atau langsung keluar karena tidak ada satupun yang bisa bertahan dengan loading website yang sangat lama.

Perkara yang satu ini memang kadang bikin pengunjung website geram. Sebagai pengembang website, Anda perlu untuk memerhatikan hal-hal apa saja yang berpengaruh dalam kecepatan loading website. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir kemungkinan pengunjung untuk langsung keluar dari halaman website dan menekan angka bounce rate.

Mengukur kecepatan loading website tidak bisa dilakukan dengan menggunakan perasaan. Saat ini ada tools yang bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana kecepatan website Anda. Misalnya seperti GTmetrix atau Pingdom. Kedua tools tersebut jadi yang paling mudah digunakan karena menyajikan hasil data yang juga mudah dibaca oleh seluruh kalangan. Tapi tidak hanya itu, Anda tetap perlu mengelola website dari dalam untuk menghasilkan loading yang cepat.

Di artikel ini kami akan berikan informasi mengenai cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda.

Optimasi ukuran gambar

  • Langkah pertama yang sangat mudah untuk dilakukan adalah mengoptimasi ukuran gambar. Gambar atau foto yang memiliki resolusi besar sangat berpengaruh dalam kecepatan website. Hal ini karena ukuran gambar secara langsung akan menyebabkan gangguan pada bandwidth.
  • Tapi bukan berarti gambar atau foto yang ada di website jadi menggunakan kualitas yang buruk dan pecah. Saat ini ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi gambar untuk dimasukkan ke website. Misalnya jika website Anda dibangun dengan WordPress maka bisa menggunakan Smush Image Compression and Optimization.

Kurangi plugin yang tidak diperlukan

  • Plugin bisa jadi sesuatu yang sangat bermanfaat tetapi jika mengunduh dan menggunakan hampir semua plugin yang tidak begitu diperlukan merupakan sesuatu yang ternyata bisa menghambat loading website.
  • Mulai dari sekarang pilih dan kurangi plugin yang sebenarnya tidak diperlukan oleh website. Gunakan plugin yang benar-benar digunakan oleh website dan uninstall plugin yang sudah tidak terpakai lagi.

Penggunaan hosting

  • Penggunaan hosting sangat berpengaruh pada kecepatan website. Jenis hosting yang digunakan sangat berpengaruh pada kecepatan loading website. Hosting dengan server performa tinggi merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurai masalah kecepatan loading website.
  • Pilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Shared hosting, cloud hosting, atau VPS hosting jadi hosting yang bisa Anda pilih sesuai dengan peforma website yang diinginkan.

Unduh plugin caching

  • Plugin caching adalah proses penyimpanan data sementara dari sebuah website yang digunakan untuk mempercepat loading website. Sistem kerja dari cache ini sebenarnya cukup sederhana, misalnya sebuah caching akan menyimpan sebuah informasi yang dicari oleh pengguna. Dengan penggunaan dan adanya penambahan plugin caching ini bisa sangat mengurangi beban server.

Minify CSS, HTML, dan Javascript

  • Minify terkait dengan pengkodean yang ada di pembuatan website. langkah yang satu ini pada dasarnya menghilangkan karakter yang tidak digunakan pada suatu struktur kode. Minify akan memperkecil ukuran file yang ada di front-end yang tidak berkaitan untuk selanjutnya diharapkan akan meningkatkan performa dan kecepatan loading website.

Menggunakan Content Delivery Network

  • CDN atau Content Delivery Network jadi sebuah solusi yang sangat menarik. Jika selama ini pengunjung website mendapatkan sebuah halaman website dari server yang Anda gunakan, dengan CDN hal server yang digunakan bisa jadi dari server terdekat. Berbeda dengan server dengan jaringan yang cukup terbatas secara wilayah, CDN tersedia di hampir seluruh dunia. Keberadaan CDN yang tersedia di hampir seluruh dunia itu jadi salah satu solusi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan loading website.

VIDEO PILIHAN