Mohon tunggu...
Breef Studio
Breef Studio Mohon Tunggu... Pembuatan Website

Jasa pembuatan website perusahaan dan toko online profesional dengan web design yang efektif untuk bisnis Anda. Kami pastikan Anda 100% puas!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apa Itu Spam?

7 November 2019   15:05 Diperbarui: 7 November 2019   15:09 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan spam. Bahkan ketika ada pesan atau notifikasi yang mengganggu saat beraktivitas di dunia maya, kita akan reflek menyebutnya dengan spam. Hal tersebut memang benar, namun spam tidak hanya sesuatu yang sifatnya mengganggu anda. Di artikel ini, mari kita simak lebih jauh apa itu spam, tujuan spam, jenis-jenis spam, dampak spam, dan kiat mengatasi spam. 

  1. Apa Itu Spam? 

Secara sederhana spam bisa didefinisikan sebagai penyalahgunaan sistem elektronik dengan cara menyebarkan pesan secara massal yang tidak dikehendaki oleh pengguna dan memberikan dampak buruk. Para pengguna disini bisa dalam bentuk yang beragam karena spam tidak hanya ada di e-mail, melainkan bisa juga menyerang pengguna website, aplikasi, hingga Short Message Service.

Untuk lebih memudahkan pengertian, kami memiliki beberapa contoh bagaimana sesuatu bisa dikatakan sebagai spam. Email jadi salah satu media yang paling sering jadi tempat Spammer (orang yang mengirimkan pesan spam) untuk menganggu pengguna. Jika anda pernah mendapat email tidak dikenal yang mengirimkan pesan secara rutin dengan isi pesan yang tidak substantif, maka pesan yang anda terima tersebut termasuk ke dalam spam. SMS dari nomor yang tidak dikenal dan menawarkan hadiah tidak masuk akal juga merupakan bentuk dari spam yang sangat mengganggu.

  1. Tujuan Spam

Spam tidak dilakukan secara tidak sengaja. Ada tujuan dibalik motif yang mengganggu ini, yang paling umum adalah digunakan untuk tujuan penipuan. Tujuan spam ini yang paling jamak ditemui oleh pengguna, dalam bentuk e-mail, sms, atau website. Pesan spam dengan tujuan penipuan ini sering berkaitan erat denga aktivitas pishing, ketika para penerima pesan diarahkan ke sebuah website tertentu.

Ada pula spam yang tujuannya untuk promosi atau iklan. Spam yang satu ini sering berisi pesan yang menawarkan produk atau jasa dari perusahaan tertentu. Namun, promosi yang ditawarkan memang seringkal berubah menjadi sebuah spam karena intensitas pengiriman pesan yang bertubi-tubi sangat mengganggu penerima.

  1. Jenis-Jenis Spam

Spam email : ini jadi pesan yang paling sering ditemui oleh para pengguna. Biasanya pesan yang masuk bisa berupa promosi maupun pesan yang tidak jelas hingga penipuan.

Spam SMS : walaupun sudah ada banyak aplikasi pesan singkat yang bisa diunduh dengan gratis, mengirim pesan melalui SMS masih menjadi hal yang sering dilakukan. Spam melalui SMS masih jamak ditemukan, bentuknya paling banyak berupa penipuan yang mengatasnamakan perusahaan yang memberikan hadiah atau undian cuma-cuma.

Spam website : biasanya pesan website muncul secara tiba-tiba ketika pengguna sedang melakukan kunjungan ke suatu website tertentu. Spam website juga bisa ditemukan dalam pesan email yang mengarahkan penerima ke website tertentu.

Spam telepon : spam telepon cukup sering ditemui. Dilakukan oleh orang iseng yang tiba-tiba menanyakan banyak hal lalu beralih dengan dalih salah sambung. Atau bisa juga ditemui Spammers yang menawarkan suatu jasa atau produk dalam intensitas telepon yang rutin.

  1. Dampak Spam

Spam memang menyebalkan karena pesan yang datang seringkali tidak jelas dan justru membawa dampak buruk. Spam yang di dapat oleh penerima secara lebih jauh memberikan dampak menambah kapasitas memori terlebih jika spam yang ada dalam bentuk email. Kapasitas penyimpanan di email bisa cepat penuh karena hal yang mengganggu. 

Tidak hanya memenuhi kapasitas penyimpanan perangkat maupun email, spam juga sangat mungkin membawa atau menyisipkan virus yang bisa merusak perangkat elektronik. Dalam bentuk email, Spammers biasanya menyisipkan virus melalui lampiran yang terlihat bonafide padahal ada banyak kasus dimana lampiran yang ada justru sumber dari virus. Jika dalam bentuk website biasanya perangkat akan secara otomatis tidak bisa bekerja secara maksimal, tanda sederhananya bisa dikenali dengan perangkat yang memproses banyak hal lebih lambat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2