Brayen Indrawan

Potret Pesona Pantai Sulawesi, Explore Tanjung Bira

3 Oktober 2019   03:26 Diperbarui: 3 Oktober 2019   04:10 318
Same Resort, Tanjung Bira. dokpri

Berlibur bersama keluarga tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Terlebih lagi menghabiskan waktu di hari spesial seperti hari ulang tahun. Momen inilah yang membawa saya berangkat dari Yogyakarta menuju Makassar untuk melepas kangen bersama keluarga. Setibanya di Makassar, saya menentukan kemana kami akan berpergian.

Saya memutuskan untuk menghabiskan hari spesial dengan menikmati pesona pantai. Terbesitlah sebuah destinasi yang berada di Kabupaten Bulukumba yaitu Pantai Tanjung Bira. Saya telah lama berencana untuk berlibur di Bulukumba. Mungkin, perlu momen spesial untuk bisa merealisasikannya.

Destinasi Terkini Sulawesi Selatan

Bulukumba adalah kabupaten yang terletak di ujung selatan provinsi Sulawesi Selatan. Selain terkenal dengan industri perahu phinisi, Bulukumba juga dikenal dengan pesona alam yang eksotis.

Bulukumba seringkali menjadi bahasan untuk topik destinasi. Menurut saya, Bulukumba menjadi tujuan destinasi setelah Tana Toraja yang diburu oleh para wisatawan. Bulukumba terkenal dengan wisata bahari dan pulau. Jika dilihat dari media sosial, keindahan laut dan pantai di Bulukumba dapat menyaingi Pulau Dewata.

Melampaui Batas 5 Kabupaten

Dengan jarak tempuh sekitar 153 Km dari Kota Makassar, berangkatlah saya dan keluarga pada 10 Juni 2019, pukul 05.00 WITA. Kami memprediksi lama perjalanan sekitar 6-7 jam.

Perjalanan yang cukup lama ini menembus lima kabupaten yaitu Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto dan Bulukumba untuk bisa tiba di destinasi Bira. Tidak banyak yang dapat dilakukan selama perjalanan selain tidur dan ngemil.

Setelah tiba di Bulukumba, masih harus menuju ke destinasi Bira melewati Jalan Poros Bira Bulukumba sekitar 57 menit.

Banyak Pilihan Resort

Saya tiba di Bulukumba sekitar pukul 12.00 WITA. Meskipun matahari siang itu terasa terik, namun hembusan angin pantai membawa kesejukan yang membuat saya tidak ingin meninggalkan siang itu. Saya menginap di Same Resort dengan kisaran harga Rp350.000 -- 400.000/malam.

Bagian belakang resort ini menawarkan view yang langsung mengarah ke luasnya laut lepas Pantai Tanjung Bira. Buat kamu yang ingin berlibur ke Bira khususnya ingin menikmati suasana Pantai Tanjung Bira, jangan khawatir dengan penginapan.

Di sekitar pantai banyak resort yang ditawarkan. Mulai dari harga termurah hingga termahal. Resort yang biasa sampai aesthetic juga tersedia. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam, kamu dapat pilih sesuai selera.