Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Menu Makanan untuk Program Diet Sehat

5 Oktober 2022   10:00 Diperbarui: 5 Oktober 2022   10:02 704
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
doks. Vegeta Herbal

Vegeta Herbal -- Ingin menjalankan program diet sehat untuk menurunkan berat badan? Ada baiknya, kamu menjalankan diet dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan kaya serat. 

Menurut studi dalam Journal of The Academy of Nutrition and Dietitics, defisit 500 kalori per hari cukup untuk menurunkan berat badan tanpa mempengaruhi tingkat energi atau rasa lapar seseorang.

Jadi, langkah penting yang harus dilakukan sebelum menjalankan program diet adalah mengetahui kebutuhan kalori per hari dan berapa kalori yang akan dikurangi. Mengonsumsi makanan rendah kalori menjadi pilihan tepat untuk menjalankan diet sehat. 

Lantas, apa saja menu makanan rendah kalori yang cocok untuk diet?

Inilah 5 Menu Makanan untuk Program Diet Sehat

1. Brokoli

Brokoli mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, sayuran hijau seperti brokoli mengandung gizi yang tinggi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan kalsium yang terbukti bisa membantu proses pembakaran lemak.

Berdasarkan data dari Fat Secret Indonesia, 100 gram brokoli segar yang dimasak mengandung 54 gram kalori. Dengan kadar kalori yang rendah, maka brokoli cocok untuk program diet. Mengutip dari Nurition Data Self, 91 gram brokoli mentah menyediakan nutrisi serat sebanyak 2,4 gram. Kandungan serat tinggi pada brokoli juga berperan dalam keberhasilan program diet dengan menu sayuran hijau ini.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah kaya serat yang cocok dikonsumsi untuk program diet. Ini karena alpukat memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 100 gram alpukat, tersimpan sebanyak 7 gram serat. Artinya, mengonsumsi 100 gram alpukat sudah dapat memenuhi kebutuhan serat harian hingga 25%.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrients yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi alpukat secara teratur akan memiliki kemungkinan penurunan 9% terkait obesitas atau kelebihan berat badan jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

3. Gandum

Gandum termasuk sebagai menu terbaik untuk program diet sehat berkat kandungan serat tinggi di dalamnya. Mengganti sumber karbohidrat menjadi gandum juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebihan. 

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Fiber and Prebiotics: Mechanisms and Health Benefits ditemukan fakta bahwa serat biji-bijian seperti gandum berperan penting sebagai prebiotik yang dapat meningkatkan bakteri baik di usus.

4. Kacang-Kacangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun