Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Peran Suplemen Makanan Untuk Imunitas Tubuh

29 September 2022   10:00 Diperbarui: 29 September 2022   10:01 598 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Amunizer -- Setiap orang pastinya ingin memiliki imunitas tubuh yang baik agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk mewujudkan hal tersebut, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi suplemen makanan secara rutin.

Suplemen dikonsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Mikronutrien seperti vitamin B, C, D, E, zinc, dan zat besi yang terkandung dalam suplemen memiliki peran penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Lantas, apa peran dari mikronutrien tersebut dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Simak penjelasannya di bawah ini!

Inilah 5 Peran Suplemen Makanan untuk Imunitas Tubuh

1. Menangkal radikal bebas

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat jika tubuh terbebas dari paparan radikal bebas. Sebuah studi tahun 2010 berjudul Free Radicals, Antioxidants and Functional Food: Impact on Human Health menyatakan bahwa kerusakan sel akibat radikal bebas bisa dikontrol dengan asupan nutrisi antioksidan yang memadai.

Suplemen makanan dengan kandungan vitamin C dan vitamin E dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Vitamin C dan E berperan sebagai agen antioksidan yang akan menunjang sistem kekebalan tubuh. 

Dengan adanya antioksidan dalam tubuh, maka kerusakan sel yang menyebabkan penurunan sistem imun tubuh bisa dicegah.

2. Melawan virus dan bakteri

Imunitas tubuh akan menurun jika tubuh terserang oleh virus atau bakteri. Kandungan suplemen makanan seperti zinc sangat berperan penting untuk membantu tubuh melawan virus atau bakteri. 

Menurut National Health Service (NHS) UK, zinc berperan untuk membantu sel-sel tubuh untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dengan komunikasi yang baik antar sel-seltubuh, maka serangan virus atau benda asing bisa segera diatasi. Tubuh akan langsung merespon keberadaan zat asing tersebut agar penyakit tidak menyebar ke seluruh tubuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan