Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Beberapa Gejala Demam Berdarah yang Jarang Diketahui

23 September 2022   10:00 Diperbarui: 23 September 2022   10:20 1154 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Soffell -- Siapa yang tidak kenal dengan demam berdarah? Penyakit ini memang sangat populer di negara tropis, seperti Indonesia. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa demam berdarah merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyebar melalui gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Public Library of Science juga menyatakan bahwa demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang ditularkan melalui nyamuk. 

Penyakit ini harus diwaspadai karena bisa menyebabkan komplikasi serius yang mengarah pada kematian. Bahkan, kasus kematian akibat penyakit DBD cukup tinggi di Indonesia.

Sayangnya, penanganan penyakit DBD seringkali dilakukan terlambat karena gejala yang muncul tidak disadari sejak awal. Oleh karena itu, gejala demam berdarah sangat penting untuk dikenali agar bisa memberikan penanganan yang tepat dengan segera. 

Lantas, apa saja gejala penyakit demam berdarah yang jarang diketahui.

Inilah 5 Gejala Demam Berdarah yang Jarang Diketahui

1. Demam tinggi secara mendadak

Sama halnya dengan gejala sakit pada umumnya, penyakit demam berdarah juga akan menyebabkan penderita mengalami demam. Namun, banyak yang mengira gejala ini hanya sakit demam biasa, sehingga pasien terlambat ditangani. 

Perlu diketahui bahwa demam akibat DBD memiliki ciri yang khas.

Ciri khas demam akibat DBD adalah muncul secara mendadak. Menurut World Health Association (WHO), penderita demam berdarah akan langsung mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celcius setalah 3 -- 4 hari terinfeksi virus dengue saat nyamuk menggigit. Umumnya, demam tinggi akan hilang dengan sendirinya setelah 2 -- 7 hari.

2. Nyeri di belakang mata

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan