Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mitos yang Beredar Seputar Minuman Berenergi

22 September 2022   10:00 Diperbarui: 22 September 2022   10:03 426 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Proman -- Bagi yang kerja di lapangan atau gemar melakukan olahraga yang berat pasti sudah akrab dengan minuman energi, khususnya kaum pria. Rasanya yang enak dan juga khas membuat siapapun yang meminumnya pasti ketagihan.

Memang ada banyak sekali khasiat minuman energi ini seperti menghilangkan kantuk dan juga meningkatkan stamina tubuh. Tidak heran jika banyak pekerja kantoran yang mengonsumsi minuman energi saat lembur, tujuannya agar tidak ngantuk dan fokus pikiran tetap terjaga.

Namun, ditengah maraknya minuman energi saat ini muncul rumor bahwa minuman energi berbahaya untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sehingga banyak orang yang berpikir "Serem banget ya kalo minum minuman energi". 

Memang sekarang ini sudah banyak penelitian yang mengungkapkan isi dari minuman energi mulai dari kandungan kalorinya, kadar kafein dan juga taurine di dalamnya. Namun, bukan berarti semua kandungan tersebut menjadikan minuman energi tidak layak konsumsi. 

Mengupas Mitos Minuman Energi

Bisa dibilang minuman energi ini sering dijadikan "kambing hitam" ketika seseorang terkena suatu penyakit atau malah meninggal. Nah, supaya tidak salah paham mari kita kupas apa saja mitos yang beredar seputar minuman energi, dan bagaimana faktanya?

1. Kafein Minuman Berenergi Sangat Berbahaya

Ketika mengonsumsi minuman energi biasanya tubuh akan langsung terasa segar, mata jadi kuat melek dan stamina semakin bertambah. Kondisi ini memang merupakan salah satu pengaruh dari kafein yang ada di dalam minuman energi.

Namun bukan berarti kafein di dalam minuman energi berbahaya, tapi harus dikonsumsi dalam batas yang wajar atau tidak berlebihan. Selain itu, lihat juga kondisi fisik si peminum apakah menderita penyakit kronis atau tidak.

2. Menimbulkan Obesitas

Ada juga mitos yang mengatakan kalau minuman energi bisa membuat tubuh menjadi kegemukkan atau mengalami obesitas. Kandungan gula di dalam minuman energi tidak serta merta mebuat badan langsung menjadi gemuk.

Masalah obesitas ini muncul karena pola hidup yang tidak sehat, sering mengonsumsi makan cepat saji, jarang olahraga hingga kondisi stress juga bisa menjadi pemicunya. 

3. Minuman Energi Bisa Membuat Ketagihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan