Mohon tunggu...
Bram Alexander
Bram Alexander Mohon Tunggu... Albertus Alexander Bramantya

Nama saya Bramantya , saya tinggal di Malang dan saat ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi Universitas Kanjuruhan Malang . " Tetaplah Melaju Apapaun Resikonya "

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

"Puisi untuk Ayah" Karya Rendy Maulana Yaqin

25 Januari 2021   10:16 Diperbarui: 25 Januari 2021   10:41 80 0 0 Mohon Tunggu...

Novel ini menceritakan tentang kerinduan sang anak kepada ayah . Dalam cuplikan tergambar seorang anak yang ingin bertemu kembali dengan ayahnya " Ayah aku pulang " seruan riang yang terdengar feminim itu memenuhi ruangan bernuansa putih dan ungu muda . 

Pada saat itu, anak tersebut pulang untuk menemui ayahnya , ia lalu ingin memberikan sesuatu kepada ayahnya seperti kutipan berikut " Ayah tebak aku bawa apa ? " ucapnya dengan nada jenaka " Lihat yah! aku menang lomba menulis dan membaca puisi tingkat sekolah " . Sontak anak itu hanya berusaha membuat ayahnya bahagia . 

Namun ayah hanya terdiam , seolah hanya memiliki rasa bangga yang terpendam kepada anaknya. Dengan bangganya , anak tersebut lalu menghampiri ayahnya dan berkata, " ini puisi untuk ayah " dan aku juara lomba membaca puisi . Kemudian anak itu berpesan kepada ayahnya . " Tuhan tolong jaga ayahku , jangan biarkan ia terluka lagi , tolong sampaikan rindu ku kepada ayah . Semoga kau bahagia dengan keluarga barumu.  

Nilai filsafat yang ada dalam cerita tersebut yaitu pilihan dalam hidup , dalam setiap hidup manusia selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan . Terdapat dalam kutipan tersebut ketika ayah dihadapkan dengan pilihan ketika ayah menghadapi masalah dan cobaan . Ayah mau menerima anaknya kembali atau kembali ke keluarga yang baru .

Ketulusan dan keikhlasan 

Nilai filsafat yang kedua yaitu ketulusan dan keikhlasan . Bagaimana anak tersebut tulus mencintai seorang ayah nya dengan ikhlas untuk berjuang demi membahagiakan ayahnya.

Kesetiaan dan Keteguhan . Nilai filsafat yang ketiga yaitu kesetiaan dan keteguhan . Kesetiaan anak terhadap ayahnya menjadi nilai kehidupan tersendiri yang terkandung dalam cerita tersebut. Keteguhan hati sang anak untuk mencintai ayah tak ingin berbalas kasih apapun, namun berkomitmen untuk tetap terus cinta kepada ayahnya .

VIDEO PILIHAN